3 Gajah Ikut Kemah Pramuka Petikawan

3 Gajah Ikut Kemah Pramuka Petikawan

Kabar5.Com, Riau | Perkemahan bakti Saka Kalpataru dan Saka Wanabakti alias Pertikawan diselenggarakan di Siak Riau. Dalam acara ini, tiga ekor gajah jinak milik Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau dilibatkan, 3 Oktober 2018.

“Dalam pelaksanaan perkemahan Pertikawan regional Sumatera kita melibatkan tiga ekor gajah jinak. Ini sebagai benduk edukasi ke masyarakat akan pentingnya penyelamatan satwa. Karena tema perkemahan tahun ini Cinta Hutan Lestari,” kata Humas BBKSDA Riau, Dian.

 

Dian menjelaskan, pelaksaan kemah ini dilaksanakan dari 1 hingga 6 Oktober 2018 yang berpusat di Bumi Perkemanan Tenku Buwang Asmara, Siak, Riau. Acara ini diikuti 637 orang masing-masing utusan dari Riau selaku tuan rumah dan Jambi, Sumsel, Bengkulu, Sumbar, Bengkulu, Lampung.

 

“Gajah yang kita libatkan ini berasal dari Pusat Pelatihan Gajah Minas di bawah BBKSDA Riau,” kata Dian.

 

Gajah yang jinak itu diberi nama Budi, Vera dan Doni yang ditunggangi masing-masing mahoutnya. Dari atas gajah saat pembukaan acara perserta membacakan Pancasila dan Pembukaan UUD 45.

 

“Ini juga bertujuan meningkatkan peran serta anggota dalam mengatasi permasalahan lingkungan hidup dan kehutanan serta menumbuhkan kepedulian anggota pramuka dalam penanggulangan dan pencegahan hutan,” kata Dian.

 

Hadir dalam acara tersebut, Plt Gubernur Riau, Wan Thamrin, Sekretaris Jenderal Kementerian LHK selaku Ketua Umum Saka Kalpataru dan Saka Wanabakti, Bambang Hendroyono. Bupati Siak, Syamsuar. (Red)

Facebook Comments

Subscribe

Terima kasih telah membaca artikel kami. Untuk informasi update silakan berlangganan newslatter kami di bawah ini

No Responses

Comments are closed.