300 Ribu Masyarakat Papua, Tak Ikut Memilih?

300 Ribu Masyarakat Papua, Tak Ikut Memilih?
Posted by:

Kabar5.Com, Jayapura | Jelang pemilihan calon kepada daerah di papua, baik Gubernur-Wakil Gubernur dan Bupati-Wakil Bupati pada Juni 2018 mendatang. Rupanya ada 300 ribu masyarakat papua tak dapat memberikan hak suara mereka, lantaran mereka tak memiliki nomor induk kependudukan (KTP).

“Sebanyak 300 ribu lebih masyarakat selaku pemilih di papua belum terdaftar dan tidak memiliki nomor induk kependudukan. Dan kami pastikan mereka tidak bisa mengikuti pencoblosan pada pemilihan kepala daerah gubernur dan bupati di papua”, kata salah satu Komisioner KPU Papua, Bidang Hukum Dan Pengawasan/Tarwinto, kepada wartawan, Selasa 8 Mei 2018 di Jayapura.

Tarwinto menyebutkan sebelum dilakukan pemutahiran data, jumlahnya mencapai 530 ribu masyarakat papua belum memiliki nomor induk kependudukan (KTP). Dan setelah dilakukan pemutahiran ditingkat KPU kabupaten/kota, pihaknya dapat menjangkau 20% masyarakat papua dari jumlah 530 ribu itu.

“Setelah dilakukan pemutahiran data pemilih, barulah mencapai 20% dari jumlah 530 ribu masyarakat tanpa nomor induk KTP”, jelas Komisioner KPU Papua itu.

Sekedar diketahui 300 ribu masyarakat papua yang tak memiliki nomor induk kependudukan itu. Lantaran jangkuan geografis wilayah yang sulit, dan hanya ditempuh lewat pesawat terbang. Utamanya di wilayah pengunungan papua.

(Richard)

Facebook Comments

Subscribe

Terima kasih telah membaca artikel kami. Untuk informasi update silakan berlangganan newslatter kami di bawah ini

No Responses

Comments are closed.