34 Kelompok Tani di Desa Bukit Pariaman Perlukan Embung

34 Kelompok Tani di Desa Bukit Pariaman Perlukan Embung

Kabar5.Com, Tenggarong | Petani di Desa Bukit Pariaman, Kecamatan Tenggarong Seberang, Kabupaten Kutai Kartnegara (Kukar), Kalimantan Timur (Kaltim), berharap desanya memiliki embung untuk mengairi persawahan mereka.

Sebanyak 34 kelompok tani setempat mengaku kesulitan memperoleh sumber air saat musim kemarau untuk mengairi sawah mereka yang tadah hujan.

Kaor Desa Bukit Pariaman Zainal Arifuddin mengatakan, dengan potensi lahan persawahan yang bisa digarap di Bukit Pariaman mencapai 1120 hekar, dan saat ini telah tergarap seluas 850 hektar dengan hasil panen tiga ton per hektarnya.

“Kami perlu embong untuk pengairan persawahan milik 34 kelompok tani dari jumlah 49 kelompok tani,” katanya kepada Kabar5.Com, Minggu 12 Maret 2017.

Guna memenuhi kebutuhan pengairan, Zainal mengatakan, masyarakat desa secara swadaya akan membangun embung di lahan milik desa.

“Ini aset desa seluas 7,5 hektar untuk embung yang direncanakan setahun lalu,” katanya.

Namun terkait dengan kebutuhan anggaran membangun embung, Zainal menegaskan desa sangat tergantung dengan dana desa.

“Kalau mengandalkan dana desa tidak mungkin, jadi secara swadaya. Kami berharap ada bantuan khusus dari pemerintah,” imbuhnya.

LO Pendamping Seluruh Indonesia Wilayah Kaltim dari Kementerian Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal (Kemendes dan PDT), Darwis mengatakan, pihaknya akan menyampaikan kebutuhan Desa Bukit Pariaman kepada Kemendes dan PDT.

“Kebutuhan desa ini akan kita sampaikan ke Kemendes, termasuk dengan Desa Bukit Pariaman merupakan daerah lumbung pangan di Kukar,” ungkap Darwis.

Kebutuhan pembangunan embung, kata dia, juga sesuai dengan program dari Kemendes untuk tahun 2017. Sehingga kata dia apabila ada persetujuan dari Kemendes untuk embung di Bukit Pariaman akan mampu meningkatkan produksi padi.

“Mudahan dengan usulan dari desa pembangunan embung dapat diwujudkan agar pertanian maju dan petani sejahtera,” tandasnya. (Hery)

Facebook Comments

Subscribe

Terima kasih telah membaca artikel kami. Untuk informasi update silakan berlangganan newslatter kami di bawah ini

No Responses

Tinggalkan Balasan