37.602 Ekor Benur Lobster Dilepas di Laut Pandeglang

37.602 Ekor Benur Lobster Dilepas di Laut Pandeglang

Kabar5.Com, Pandeglang | Loka Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Laut (PSPL) Serang, yang berlokasi di Desa Caringin, Kecamatan Labuan, Kabupaten Pandeglang, Banten, melakukan pelepasan benur lobster sebanyak 37.602 ekor.

Benur lobster tersebut merupakan hasil sitaan yang dilakukan oleh Balai Besar Karantina Ikan (BBKI) Jakarta.

Menurut Kepala PSPL, Bambang Subolo mengatakan, pihaknya yang bekerja sama dengan BBKI Jakarta I, dalam menjalankan penegakan hukum perikanan sesuai Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor: 1/PERMEN-KP/2015 dan surat edaran Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 18/MEN-KP/I/2015 tentang Penangkapan Lobster (Panulirus spp.), Kepiting (Scylla spp.), dan Rajungan (Portunus spp).Dalam peraturan tersebut, lobster yang bisa ditangkap adalah dengan ukuran karapas 8 centi meer dan berat lebih dari 300 gram.

“Akan tetapi olbster yang berhasil diamankan dari penyelundup ini belum sesuai ukuran dalam aturan itu, makanya kami mengamankan benur lobster ini dan sekarang dilepaskan lagi di area laut Pandeglang,” ungkap Bambang, Rabu 22 Februari 2017.

Menurutnya, pada Selasa 21 Februari 2017 kemarin, pihak BBKI Jakarta I melakukan penahanan atas sejumlah produk perikanan berupa benur lobster di terminal keberangkatan 2D Bandara Soekarno Hatta, yang rencananya lobster itu akan diekspor ke luar Negeri.

Kata dia, benur lobster tersebut dimasukkan ke dalam tiga buah koper besar dan didalamnya terdapat kantong-kantong plastik yang memuat sejumlah benur lobster yang masih hidup.

“Berdasarkan data yang kami terima dari pengawas mutu pelaksana BBKI Jakarta I, bahwa jumlah keseluruhan benur lobster itu ada sebanyak 37.602 ekor dan 100 persen dan benur lobster itu masih hidup,” katanya.

Ia menambahkan, pihaknya menerima benur lobster dari tim BBKI Jakarta I pada Selasa malam dan sekarang ini benur lobster itu sudah dilepaskan lagi, karena lobster itu belum waktunya untuk ditangkap.

“Malam tadi kami langsung melakukan serah terima benur lobster dari BBKI Jakarta. Pada serahterima juga telah disaksikan oleh tim Sat Rekskrim Polresta Bandara Soekarno Hatta dan tim Reskrim Polsek Labuan,” tuturnya

Di tempat yang sama, Kasubag Pendayagunaan dan Pelestarian Laut PSPL, Jumadi Parluhutan mengatakan, bahwa LPSPL Serang akan selalu siap dalam membantu dan menegakkan peraturan yang mendukung konservasi, karena sesuai dengan tugas dan fungsi PSPL itu sendiri.

“Kegiatan pelepasliaran lobster di perairan kantor LPSPL Serang ini adalah yang ke-7 sejak 2015. Kita akan selalu mendukung dan menjalin kerjasama yang baik demi terbangunnya perikanan dan kelautan Indonesia yang kuat,” ujarnya. (Achuy)

Facebook Comments

Subscribe

Terima kasih telah membaca artikel kami. Untuk informasi update silakan berlangganan newslatter kami di bawah ini

No Responses

Tinggalkan Balasan