70 Persen Pemudik Lintasi Merak Besok

70 Persen Pemudik Lintasi Merak Besok

Kabar5.Com, Cilegon | Pesawat bisa menjadi alternatif transportasi mudik, bagi masyarakat, yang belum menyebrang ke Pulau Sumatera.


Ini salah satu himbauan Kapolri, untuk menghindari penumpukkan 70 persen pemudik yang belum pulang kampung, yang puncaknya diprediksi terjadi besok.

“Mudah-mudahan ini lewat udara, karena banyak THR kan, sehingga tidak melonjak (di Pelabuhan Merak). Karena tahun lalu ada kemacetan panjang. Dan itu adalah problema,” kata Jenderal Tito Karnavian, Kapolri, saat meninjau Posko terpadu angkutan lebaran (Angleb) Banten 2018, di Terminal Terpadu Merak (TTM), Senin 11 Juni 2018.

Dia pun meminta personil Polri, TNI, Dishub, dan terutama PT ASDP Ferry Indonesia, membuat rencana matang dalam menghadapi puncak arus mudik.

“Harus siapkan kapal besar, port time dipercepat. Problem nya di titik pemberangkatan, antrian masuk kendaraan, dan antrian di gerbang tol,” terangnya.

Begitupun saat puncak arus balik, yang diprediksi terjadi pada tanggal 18,19, dan 20 Juni 2018. Dia meminta, selain kesiapan kapal, kebersihan toilet menjadi faktor penting, kenyamanan pemudik.

“Ini tolong kontigensi, di jalan tol, kapal besar juga, harus kita siapkan kontigensi itu. Percepatan pelayanan di tol juga ini,” ujarnya.

Berdasarkan data terbaru yang dikeluarkan oleh PT ASDP Ferry Indoensia Cabang Merak, jumlah penumpang yang telah disebrangkan sebanyak 38.646 jiwa, sepeda motor berjumlah 2.451 unit, roda empat 5.177, bus 321, dan truk 412 unit.

Sedangkan kendaraan yang keluar gerbang tol Merak, hingga pukul 21.00 wib berjumlah 8.817 unit.


(Tama)

Facebook Comments

Subscribe

Terima kasih telah membaca artikel kami. Untuk informasi update silakan berlangganan newslatter kami di bawah ini

No Responses

Comments are closed.