Abu Vulkanik Gunung Sinabung Sudah Capai Deliserdang

Abu Vulkanik Gunung Sinabung Sudah Capai Deliserdang
Posted by:

Kabar5.Com, Medan | Hampir setiap hari selama sebulan terakhir gunung api Sinabung terus erupsi. Akibatnya, abu vulkanik yang keluar saat erupsi bisa terbawa ke Kabupaten dan Kota di Sumatera Utara.

Bahkan selama 1 bulan terakhir, abu vulkanik yang berasal dari gunung api Sinabung di Kabupaten Karo terbawa angin hingga ke Kabupaten Deliserdang yang berjarak 50 kilometer.

Seorang warga bernama Herdiansyah (40) mengatakan di lingkungan rumahnya, Desa Kuta Tualah, Kabupaten Deliserdang berbatasan dengan Kota Medan hampir setiap hari dihujani abu vulkanik.

Hampir setiap hari di lingkungan rumah kami kena abu vulkanik. Sudah sebulan terakhir ini lah muncul abunya,” ujar Herdiansyah.

Terpisah, Sekretaris BPBD Deliserdang, Darwin Surbakti mengimbau warga Deliserdang yang terdampak abu vulkanik agar menggunakan masker untuk menjaga kesehatan.

“Saat Sinabung erupsi dan angin mengarah ke wilayah Kabupaten Deliserdang maka terdampaklah kita. Bahkan abu telah sampai ke Kota Medan,” jelas Darwin.

Hari ini Gunung api Sinabung kembali erupsi pada pagi hari pukul 09.36 WIB, Jumat, 28 Juli 2017. Kepala Pos PGA Sinabung, Armen Putra mengatakan abu vulkanik itu setinggi 1000 meter dan lama gempa 146 detik.

 

(red)

 

Facebook Comments

Tags: ,

Subscribe

Terima kasih telah membaca artikel kami. Untuk informasi update silakan berlangganan newslatter kami di bawah ini

No Responses

Comments are closed.