Aktris China Fan Bingbing Didenda Rp 1 Triliun

Aktris China Fan Bingbing Didenda Rp 1 Triliun

Kabar5.Com, China | Aktris cantik asal China, Fan Bingbing, dihukum denda lebih dari 479 juta Yuan (Rp 1 triliun) terkait kasus pengemplangan pajak yang menjeratnya. Kasus ini sempat memicu kehebohan di China karena Fan Bingbing menghilang misterius usai terungkap dirinya mengemplang pajak, 3 Oktober 2018.

Fan Bingbing juga diperintahkan untuk membayar pajak sebesar lebih 255 juta Yuan (Rp 560 miliar) kepada negara. Hukuman itu dijatuhkan oleh otoritas pajak China, tepatnya Biro Pajak Provinsi Jiangsu, pada Minggu, 30 September 2018 waktu setempat.

 

Di China, Fan Bingbing dikenal sebagai bintang film A-list. Dia juga pernah beberapa kali main dalam film Hollywood seperti ‘X-Men’ dan Iron Man’.

 

Sejak kasus ini mencuat pada Juni lalu, Fan Bingbing menghilang dari publik. Berbagai laporan menyebut aktris berusia 37 tahun ini sedang diselidiki terkait kasus pengemplangan pajak besar-besaran dalam industri film China.

 

Menghilangnya Fan Bingbing secara misterius memicu berbagai spekulasi di China soal nasibnya. Salah satu laporan menyebut dia telah ditahan otoritas China terkait kasusnya tersebut.

 

Kasus yang menjerat Fan Bingbing ini mencuat pada Mei lalu, setelah seorang penyiar televisi China membeberkan kesepakatan pembayaran untuk sejumlah aktor dan aktris di China yang disebut sebagai ‘yin-yang contracts’.

 

Kesepakatan semacam itu terdiri atas dua kesepakatan pembayaran berbeda dengan nilai berbeda, di mana nilai kontrak yang lebih rendah yang dilaporkan ke otoritas pajak, sementara nilai kontrak sebenarnya yang jauh lebih tinggi tidak dilaporkan.

 

Belum ada tanggapan dari Fan Bingbing maupun manajernya terkait hukuman denda yang baru dijatuhkan ini.

 

Tahun 2017 lalu, Fan Bingbing memuncaki daftar Forbes China Celebrity List dengan penghasilan mencapai 300 juta Yuan (Rp 659 miliar). Ini merupakan keempat kalinya, secara berturut-turut, Fan Bingbing berada di peringkat atas daftar tersebut. (Red)

Facebook Comments

Subscribe

Terima kasih telah membaca artikel kami. Untuk informasi update silakan berlangganan newslatter kami di bawah ini

No Responses

Comments are closed.