Analis Ekonomi Jepang Jadi Kepala BI Banten

Analis Ekonomi Jepang Jadi Kepala BI Banten

Kabar5.com, Serang | Analis ekonomi senior yang pernah bertugas di Bank Indonesia (BI) Kantor Perwakilan (KPw) Tokyo, kini menjabat sebagai KPw Banten.

Analis ekonom di Negeri Sakura itu akan bekerja untuk menekan inflasi dan menaikkan pertumbuhan ekonomi Indonesia Dari daerah. Mengingat Banten, letaknya sangat dekat Jakarta, sebagai Ibu Kota Negara.

Pria itu bernama Rahmat Hernowo, menggantikan Budiharto Setiawan, yang kini menjadi KPw BI di Lampung.

“Capaian inflasi yang rendah dan stabil itu, mencerminkan daya saing kita (Indonesia). Pertumbuhan ekonomi (Indonesia) sebanyak lima persen tidak cukup, ke depan harus lebih baik,” kata Sugeng, Deputi Gubernur BI, yang ditemui di kantor BI KPw Banten di Kota Serang, usai serah terima jabatan, Senin 29 Januari 2018.

Rahmat pun diminta untuk menyalurkan kemampuan ilmu ekonomi yang diperoleh dari Negeri Sakura ke ‘Bumi Jawara’.

“Tugas Pak Rahmat, menjaga inflasi tetap rendah. Membantu daerah untuk menopang ekonomi nasional,” terangnya.

Saat bertugas di Jepang, Rahmat memperhatikan dan menganalisa pertumbuhan ekonomi di wilayah Asia Timur, seperti Jepang, China dan Korea Selatan (Korsel).

Menurutnya, pertumbuhan ekonomi di tiga negara itu akan berpengaruh besar terhadap perekonomian Indonesia.

“Lalu neraca perdagangan dan investasi Indonesia disana. Kenaikan atau penurunan (ekonomi di negara tersebut), pasti ada pengaruh besar di Indonesia,” kata Rahmat Hernowo, ditempat yang sama, Senin 29 Januari 2018.

Di Banten, dirinya tertantang untuk membantu pemerintah mengurangi kesenjangan ekonomi antara wilayah Banten Utara yang padat dengan industri, dengan Banyen Selatan yang masih fokus pada wisata dan pertanian tradisional.

“Kita tahu, disparitas antara Banten dengan perbatasan DKI, dengan Banten yang lain tinggi. Ini menarik untuk di dalami kedepan,” jelasnya. (Tama)

Facebook Comments

Subscribe

Terima kasih telah membaca artikel kami. Untuk informasi update silakan berlangganan newslatter kami di bawah ini

No Responses

Comments are closed.