Angka Kriminalitas Tinggi, Penghuni Rutan Tanjung Gusta Naik 35 Persen

Angka Kriminalitas Tinggi, Penghuni Rutan Tanjung Gusta Naik 35 Persen
Pemindahan napi dari Tanjung Gusta.
Posted by:

Kabar5.Com, Medan | Kepala Pengamanan Rumah Tahanan (Rutan) Tanjung Gusta Medan, Nimrot Sihotang menghimbau seluruh warga Kota Medan untuk meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan sekitar.

Kepedulian itu penting untuk menekan angka kriminalitas di Medan yang terbilang sangat tinggi saat ini. Hal itu terlihat dari jumlah tahanan dan narapidana yang masuk ke Rutan Tanjung Gusta, yang terus meningkat seiring dengan berjalannya waktu.

Bahkan pertambahan jumlah penghuni di rutan terbesar di Sumut itu, mencapai sekira 35 persen hanya dalam waktu satu tahun.

Saya ke sini pidah dari Batam, penghuni di sini (Rutan Tanjung Gusta) hanya ada 2.800-an orang. Satu tahun saya disini, jumlah penghuni disini sudah 3.800-an. Artinya kejahatan di Medan sangat tinggi. Untuk itu dibutuhkan kepedulian kita terhadap masyarakat sekitar. Supaya kejahatan ini bisa berkurang. Karena daya tangkal terbaik sebenarnya ada di masyarakat, dan rehabilitasi terbaik sebenarnya ada di masyarakat,” kata Nimrot, usai memantau pemindahan 60 narapidana dari Rutan Tanjung Gusta ke Lapas Pematang Siantar, Selasa dini hari, 16 Mei 2017.

Selain itu, untuk mengurangi angka pelaku kejahatan berulang, Nimrot mengimbau kepada keluarga para narapidana untuk lebih membiarkan para tahanan dan narapidana menjadi mandiri di dalam rutan. Selama ini keluarga para tahanan dan narapidana dinilai terlalu memanjakan hingga tak muncul efek jera pasca para tahanan dan narapidana keluar dari rutan maupun lapas.

“Disini sebenarnya semua sudah ada. Jadi sebenarnya tak perlu lah mereka dimanjakan. Serahkan pada kami saja biar kami pastikan mereka siap kembali ke masyarakat,” tandasnya. (red)

 

Facebook Comments

Tags: ,

Subscribe

Terima kasih telah membaca artikel kami. Untuk informasi update silakan berlangganan newslatter kami di bawah ini

No Responses

Comments are closed.