Arus Mudik Lancar Buat MUI Senang

Arus Mudik Lancar Buat MUI Senang

Kabar5.com, Jakarta | Zainut Tauhid selaku Wakil Ketua Umum MUI mengapresiasi pemerintah dan polisi yang telah mengatur jalan arus mudik Lebaran dengan lancar. Ia mengatakan arus mudik tahun ini lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya.

“MUI memberikan apresiasi kepada pemerintah dan aparat kepolisian yang telah bekerja keras mengatur dan mengamankan jalannya arus mudik lebaran sehingga event tahunan itu berjalan dengan lancar, tertib, aman dan nyaman, dan tidak ada hambatan,” kata Zainut dalam, 22 Juni 2018.

Kelancaran arus mudik itu dipengaruhi dari penambahan infrastruktur jalan dan juga pengelolaan rekayasa lalu lintas. Dia menilai kemacetan selama arus mudik bisa teratasi dengan baik.

“Ada beberapa faktor yang mempengaruhi kelancaran arus lalu lintas, penambahan infrastruktur jalan maupun pengelolaan rekayasa lalu lintas dari aparat kepolisian dan Kemenhub, dan tingkat kesadaran para pemudik mengikuti petunjuk dan informasi dari para petugas di lapangan,dan beberapa potensi kemacetan dapat diatasi dengan baik,” jelasnya.

Angka kecelakaan kendaraan bermotor berkurang signfikan pada tahun ini. Pengaturan lalu lintas kendaraan juga lebih tertib dan teratur kata Zainut.

“Menurut pengamatan pelaksanaan arus mudik tahun ini lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya. Jumlah korban kecelakaan kendaraan bermotor menurun, pengaturan arus lalu lintas kendaraan lebih tertib dan teratur, lantaran kesigapan anggota kepolisian dan petugas pendukung lainnya melalui rekayasa buka tutup dan pengaturan contraflow ruas jalan,” jelasnya.

MUI juga mengapresiasi kepada para petugas yang mendukung kelancaran arus mudik  lainnya seperti perhubungan, kesehatan, transportasi, keamanan. Basarnas telah bekerja maksimal melayani para pemudik. Dengan kerja keras mereka banyak pemudik yang bisa bersilaturahmi dengan keluarga di kampung halaman.

Meski pelaksanaan arus mudik sudah lebih baik, MUI berharap transportasi massal bisa lebih dioptimalkan. Dan diharapkan angka kecelakaan di jalan raya bisa berkurang.

“Untuk ke depan, MUI berharap Pemerintah lebih mengoptimalkan sarana pendukung transportasi massal seperti kereta api, kapal laut dan bus berbiaya murah. Hal ini akan mengurangi pemudik yang menggunakan sepeda motor sehingga dapat menekan angka kecelakaan di jalan raya,” jelasnya.(Red)

Facebook Comments

Subscribe

Terima kasih telah membaca artikel kami. Untuk informasi update silakan berlangganan newslatter kami di bawah ini

No Responses

Comments are closed.