Bangun Reklamasi Tak Berizin Hotel Stephanie Di Demo Warga

Bangun Reklamasi Tak Berizin Hotel Stephanie Di Demo Warga

Kabar5.com, Pandeglang | Reklamasi sepadan pantai yang dibangun oleh pemilik Hotel Stephanie, 5 Juli 2018, di demo warga masyarakat Desa Sukarame Kecamatan Carita. Pasalnya, keberadaan bangunan reklamasi tersebut, tanpa izin dan merusak ekosistem biota laut serta, membunuh kehidupan nelayan.

 

Demikian dikatakan oleh Atang Maulana salah satu Korlap aksi unjuk rasa masyarakat yang mengatas namakan dirinya Aliansi Masyarakat Sukarame (AMS).

 

“Keberadaan Hotel Stephanie sangat merugikan masyarakat. Selain itu, dengan adanya bangunan reklamasi, secara langsung sudah merusak ekosistem biota laut dan terumbu karang,” tegasnya.

 

“Selain itu, proses pembangunan Hotel Stephanie, pada awalnya tidak berizin. Anehnya, Pemerintah Kabupaten Pandeglang diam tidak mengambil tindakan selama ini,” tandasnya.

 

Di tempat yang sama, Camat Carita Sukatma mengaku dirinya belum mengetahui soal perizinan reklamasi.

 

“Memang yang ada hanya HO saja. Namun itu hanya sebagai pengantar saja. Adapun untuk ditindak lanjut ke Kabupaten, itu terserah pemilik. Saya pun sudah menanyakan arsip di Desa, namun sampai saat ini belum ada. Nah karena perijinan waktu itu masa Camat yang dulu, nanti saya akan menanyakan dahulu,” jelasnya.

 

“Kaitan dengan reklamasi, kami akan kordinasi dulu dengan dinas terkait,” tutupnya.

 

Sementara itu, Kabid Pengendalian dan Pengawasan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perijinan Terpadu Satu Pintu (DPMPPTSP) Kabupaten Pandeglang, Roni mengatakan, Hotel Stephanie belum memiliki izin.

 

“Semenjak Undang Undang Nomor 4 Tahun 2014 terkait Otonomi Daerah (Otda), kewenangan perijinan laut 0 sampai 12 Mil itu kewenangan perijinannya ada di perijinan provinsi. Nah, Kaitan perijinan reklamasi, itu kewenangannya ada di propinsi,” ujarnya.

 

“Kaitan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) Hotel Stephanie, sampai saat ini, kami belum pernah menerima pengajuan IMB dari Hotel Stephanie ini. Kalau ada pengajuan, pasti sudah kami akan urus. Berarti Hotel Stephanie ini belum berizin pembangunanya,” tutupnya.

 

(Risman)

 

Facebook Comments

Subscribe

Terima kasih telah membaca artikel kami. Untuk informasi update silakan berlangganan newslatter kami di bawah ini

No Responses

Comments are closed.