Bangun Sekolah Berpola Asrama, Tim Desk Otsus Papua Sambangi Nabire

Bangun Sekolah Berpola Asrama, Tim Desk Otsus Papua Sambangi Nabire
Tim Kantor Daerah Desk Otsus Tanah Papua, saat melakukan pertemuan dengan Bupati Nabire Isaias Douw.

Kabar5.Com, Jayapura | Pembangunan sekolah berpola asrama yang dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo, Tim Kantor Daerah Desk Otsus Tanah Papua mengunjungi Kabupaten Nabire, Papua.

Kunjungan atau pemantuan tersebut dipimpin lansung oleh Zadrak Wamebu, didampinggi Septinus Rumasep dan A.Suryo.

“Kedatangan kami ke Kabupaten Nabire guna melakukan sinkronisasi dan koordinasi terkait pembangunan sekolah berpola asrama yang dicanangkan oleh Bapak Presiden Joko Widodo,” ujar Ketua Tim Kantor Daerah Desk Otsus Tanah Papua, Zadrak Wamebu, Kamis, 28 September 2017.

Kabupaten Nabire, kata Zadrak, adalah salah satu Kabupaten di Provinsi Papua yang bakal dibangun sekolah berpola asrama dari program Presiden itu.

Selain Nabire, ada empat daerah lain yang dipilih untuk dibangun sekolah berpola asrama yakni, Kabupaten Jayapura, Merauke, Biak dan Jayawijaya-Wamena.

Ditanya soal tujuan dibangunnya sekolah berpola asrama tersebut, Ia menuturkan tujuan dari dibangunnya sekolah berpola asrama tingkat SMU ini dalam rangka menyiapkan generasi cerdas dan emas Orang Asli Papua (OAP) di masa datang.

Tim Kantor Daerah Desk Otsus Tanah Papua, saat melakukan tinjuan lansung ke lokasi dibangunnya sekolah berpola asrama di Distrik Kimi, Kampung Nusantara, Kabupaten Nabire, Papua.

Ia pun menjelaskan, secara fisik pembangunan sekolah berpola asrama, dilakukan tahun 2018, dan tahun 2019 diresmikan. Pembangunannya nantinya menggunakan dana pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten.

“Untuk lokasi pembangunan sekolah tersebut, berpusat di Distrik Kimi, Kampung Nusantara, Kabupaten Nabire,” tutur Wamebu.

Sementara itu, Bupati Kabupaten Nabire, Isaias Douw mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi dan mendukung program Presiden Joko Widodo yakni, pembangunan sekolah berpola asrama di Kabupaten Nabire yang dilaksanakan oleh Kantor Daerah Desk Otsus Tanah Papua.

“Pemilihan wilayah untuk dibangunannya sekolah berpola asrama di Nabire sangat tepat, karena selain mewakili wilayah adat Meepago, tapi juga Nabire merupakan pintu gerbang bagi wilayah Meepago dan juga daerah lain di pegunungan Papua,” kata Bupati Nabire.

Bupati pun berharap apa yang menjadi tujuan baik Presiden melalui Desk Otsus Tanah Papua dapat dilakukan pembangunannya tepat waktu, sehingga terciptanya sumber daya manusia Papua baru di bidang pendidikan.

Sekedar diketahui, Desk Otsus Papua sudah melakukan kunjungan dan monitoring lansung ke tiga Kabupaten di Papua untuk pembangunan sekolah berpola asrama yakni, Kabupaten Merauke pada Juli lalu dan Kabupaten Jayawijaya-Wamena Agustus, dan Nabire September ini.

Sementara dua Kabupaten lainnya masih dalam tahapan penjajakan dan penjadwalan Tim Deks Otsus Papua. (Richard Mayor)

Facebook Comments

Tags: , ,

Subscribe

Terima kasih telah membaca artikel kami. Untuk informasi update silakan berlangganan newslatter kami di bawah ini

No Responses

Comments are closed.