Berantas Mafia Beras Salah Satu Program Buwas

Berantas Mafia Beras Salah Satu Program Buwas

Kabar5.Com, Budi Waseso sudah sekitar satu bulan menjabat direktur utama Badan Urusan Logistik (Bulog). Meski baru seumur jagung, Buwas telah berani mengeluarkan gebrakan-gebrakan baru.


1. Akan berantas mafia beras
Budi Waseso (Buwas), mengaku telah mengidentifikasi mafia pangan di Tanah Air. Namun, dia belum bisa membeberkan pelakunya saat ini.

Related image

Dia mengatakan, Perum Bulog bekerjasama dengan Satgas Pangan untuk memastikan bahwa tidak ada oknum yang usil secara sepihak mempermainkan distribusi beras. Buwas pun memastikan, Perum Bulog akan tetap menindak tegas pihak pengganggu rantai pasokan pangan dan beras itu, sekalipun mereka orang dalam.


2. Tolak impor
Budi Waseso mengatakan belum akan kembali melakukan impor beras, karena stok beras di gudang Bulog masih penuh. Menurutnya, meski Bulog mendapatkan penugasan untuk mengimpor beras, namun bukan berarti Bulog harus segera melakukan impor sesuai dengan kuota yang diberikan.

Related image

“Belum dieksekusi. Wong masih banyak. SPI (Surat Persetujuan Impor) terbit bukan berarti harus dilaksanakan dong. Nanti ditaruh di mana? Gudang saya sudah penuh,” ujar dia di Kompleks Istana Kepresidenan,¬†Jakarta, Rabu 30 Mei 2018.

Menurut dia, yang terpenting saat ini bukan soal impor, melainkan ketersediaan stok dan harga yang stabil.


3. Berencana kemas beras dalam bentuk saset
Budi Waseso mempunyai jurus jitu menangkal spekulan beras. Dia berencana membuat beras dalam bentuk saset atau disebutnya sebagai beras renceng. “Saya lagi membuat beras renceng, beras yang dikemas dengan seperempat kilo gitu,” kata Waseso di Monas, Jumat 4 Mei 2018.

Image result for beras saset

Waseso mengatakan beras renceng bakal dikemas demikian rupa. Isinya sedang dipikirkan antara 5 kilogram atau 10 kilogram. “Nanti ke depan akan di warung-warung ada beras isinya hanya seperempat kilo,” ungkap dia.

Dengan begitu, masyarakat yang hidupnya pas-pasan tetap bisa menikmati beras dengan kualitas yang baik.


(red)

Facebook Comments

Subscribe

Terima kasih telah membaca artikel kami. Untuk informasi update silakan berlangganan newslatter kami di bawah ini

No Responses

Comments are closed.