Bule Belarusia Senang Lulus Uji SIM

Bule Belarusia Senang Lulus Uji SIM

Kabar5.Com, Bekasi | Seorang pria WN Belarusia, Iosif Siarhei 44, bikin heboh karena bikin Surat Izin Mengemudi (SIM) di Polres Metro Bekasi. Siarhei pun lulus mengikuti serangkaian ujian mulai teori hingga praktik untuk mendapatkan SIM tersebut, 13 September 2018.

“Iya betul tadi siang sekitar pukul 11.00 WIB tes-nya,” ujar Kanit SIM Satlantas Polres Metro Bekasi Kota AKP Telly Areska Putra.

 

Telly mengatakan, seorang warga negara asing memang bisa mendapatkan SIM di Indonesia. Tetapi, tentunya ada syarat-syarat yang harus dipenuhi oleh WNA yang memohon SIM tersebut.

 

“Minimal dia harus ada surat domisili yang dikeluarkan oleh kantor imigrasi, izin tinggal terbataslah kalau di sana. Kalau di kita itu surat keterangan domisili,” imbuhnya.

 

Siarhei menunjukkan SIM setelah lulus ujian teori dan praktik di Polres Metro Bekasi KotaSiarhei menunjukkan SIM setelah lulus ujian teori dan praktik di Polres Metro Bekasi Kota Foto: dok. Istimewa

 

Selain itu, Siarhei juga bisa membuat SIM di Indonesia karena istrinya seorang WNI. “Iya istrinya WNI,” ucapnya.

 

Selain persyaratan itu, sama halnya dengan WNI yang memohon SIM, Siarhei harus mengikuti serangkaian tes dari teori hingga praktik mengemudikan kendaraan. Siarhei membuat 2 SIM sekaligus yakni SIM C dan SIM A.

 

“Prosesnya sama dengan kita, bayarnya juga sama. SIM C itu Rp 100 ribu, SIM A itu Rp 120 ribu,” tuturnya.

 

Siarhei mengapresiasi pelayanan di Polres Metro Bekasi Kota dalam pembuatan SIM yang cepat ini. Dia pun senang karena akhirnya bisa mengemudikan kendaraan di Indonesia karena sudah mengantongi SIM.

 

“Terima kasih banyak sama guru aku, terima kasih banyak sama semuanya. Thank you,” kata Siarhei sambil memperlihatkan SIM-nya. (Red)

Facebook Comments

Subscribe

Terima kasih telah membaca artikel kami. Untuk informasi update silakan berlangganan newslatter kami di bawah ini

No Responses

Comments are closed.