Cuaca Ekstrem dan Gelombang 4 Meter Landa Bengkulu

Cuaca Ekstrem dan Gelombang 4 Meter Landa Bengkulu

Kabar5.Com, Bengkulu | Stasiun Meteorologi Kelas III Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Fatmawati Soekarno, Provinsi Bengkulu mengeluarkan peringatan dini prediksi hujan dengan intensias sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang di beberapa wilayah di provinsi berjuluk ‘Bumi Rafflesia”, 14 Agustus 2018.

Wilayah yang diprediksi bakal dilanda hujan dengan intensitas sedang hingga lebat itu, Kabupaten Mukomuko, Bengkulu Utara, Bengkulu Selatan, dan Kabupaten Kaur. Di mana hujan disertai angin kencang diprediksi bakal terjadi pada sore dan malam hari.

Sementara untuk enam kabupaten/kota lainnya, diprediksi bakal dilanda hujan dengan intensitas ringan, pada sore dan malam hari. Enam daerah itu, Kota Bengkulu, Kabupaten Rejang Lebong, Lebong, Kepahiang, Bengkulu Tengah dan Kabupaten Seluma, 15 Agustus 2018.

Tidak hanya itu, BMKG Fatmawati Soekarno Bengkulu juga mengeluarakan peringatan dini gelombang laut tinggi di perairan Bengkulu hingga Pulau Enggano Kecamatan Enggano Kabupaten Bengkulu Utara dan di perairan Samudera Hindia barat Bengkulu, mencapai 3,5 meter hingga 4 meter.

Forcaster BMKG Stasiun Meteorologi Fatmawati Soekarno Bengkulu, Harits Syahid Hakim mengatakan, hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang diprediksi sejumlah wilayah Bengkulu disebabkan adanya faktor-faktor lokal. Di mana dalam beberapa minggu terakhir di provinsi berjuluk Bengkulu ini telah terjadi hujan di beberapa daerah. Seperti Kabupaten Mukomuko, Bengkulu Utara, Lebong, Bengkulu Tengah, Seluma, Bengkulu Selatan dan Kaupaten Kaur.

”Bengkulu tidak termasuk zona musim hujan ataupun kemarau. Jadi, kondisi sekarang (hujan) merupakan faktor dari penyebab faktor-faktor lokal. Lalu, kondisi awan hujan ini hanya bersifat di beberapa tempat dan tidak menyeluruh,” jelas Harits.

Cuaca buruk yang diprediksi meladan wilayah Bengkulu, kata Harits, diprediksi bakal terjadi hingga tiga hari ke depan. Begitu juga dengan gelombang tinggi laut. Meskipun demikian, cuaca buruk terjadi tidak terjadi di satu wilayah melainkan di daerah lainnya di Bengkulu.

”Bengkulu belum masuk dalam musim penghujan. Bulan penghujan di prediksi bakal terjadi pada bulan September,” demikian Harits. (Red)

 

 

Facebook Comments

Subscribe

Terima kasih telah membaca artikel kami. Untuk informasi update silakan berlangganan newslatter kami di bawah ini

No Responses

Comments are closed.