Cuci Baju Barumu Sebelum Dipakai Nanti

Cuci Baju Barumu Sebelum Dipakai Nanti

Kabar5.Com, Jakarta | Mencuci baju yang baru dibeli sebelum dipakai di hari Lebaran atau Idul Fitri jangan sampai dilupakan ya, Bun. Jangan sampai kita menyepelekan mencuci baju baru.


“Pakaian baru kadang masih mengandung bahan-bahan pengawet saat penyimpanannya sebelum dijual,” ujar Dr. dr. I Gusti Nyoman Darmaputra, SpKK, owner DNI Skin Centre, kepada tim redaksi beberapa waktu lalu.

Nah, kalau baju baru ini langsung dipakai oleh bayi yang kulitnya sensitif, bisa memicu terjadinya alergi berupa kemerahan dan gatal pada kulit. Memang sih, Bun, kata dokter yang akrab disapa dr Darma ini, kondisi tersebut tidak selalu terjadi pada semua bayi. “Hanya pada yang memiliki bakat alergi pada bahan tertentu,” jelasnya.

“Kalau nggak ada alergi, tidak dicuci sebenarnya tidak apa-apa. Cuma supaya lebih aman dicuci saja seperti biasa pakai sabun untuk menghilangkan bahan-bahan kimia dan debu yang bisa menempel selama baju tersebut di toko,” saran dr Darma.

Dikutip dari detikHealth, dr Eddy Karta SpKK, menuturkan ada laporan salah satu penyakit kulit yang disebut pityriasis rosea sering kali terjadi karena pemakaian baju baru yang tidak dicuci terlebih dahulu. Pityriasis rosea adalah penyakit kulit yang ditandai dengan ruam berwarna merah atau merah muda, bersisik, dan sedikit menonjol.

Jika mengalami penyakit pityriasis rosea, kulit jadi garal-gatal. Umumnya dialami di bagian dada, punggung, perut, leher, lengan atas, dan paha. Tapi lama-kelamaan bisa menyebar sampai ke wajah lho, Bun. Duh, amit-amit ya.

dr Eddy menambahkan cat sablon di baju juga bisa menimbulkan gangguan kesehatan kulit lainnya seperti dermatitis kontak alergi. Maka dari itu, dr Eddy menekankan memang baiknya baju baru dicuci dahulu sebelum dipakai.


(red)

Facebook Comments

Subscribe

Terima kasih telah membaca artikel kami. Untuk informasi update silakan berlangganan newslatter kami di bawah ini

No Responses

Comments are closed.