Daerah Rawan Bencana Akan Dipasang Tanda Peringatan

Daerah Rawan Bencana Akan Dipasang Tanda Peringatan
Daerah Rawan Bencana Akan Dipasang Tanda Peringatan

Kabar5.Com, Jakarta | Presiden Joko Widodo meminta Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memasang tanda peringatan di seluruh kawasan rawan bencana. Kepala BNPB Letnan Jenderal Doni Monardo menyebut wilayah rawan tsunami bakal dipasang tanda. 

“Pertama adalah dari Selat Sunda, mulai dari Selat Sunda sampai kawasan bagian timur dan selatan Pulau Jawa,” kata Doni di Istana Kepresidenan, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Senin, 14 Januari 2019.

Kawasan kedua adalah wilayah barat Pulau Sumatera. BNPB juga diminta waspada terhadap sejumlah patahan yang ada di daratan Jawa.

Doni menyebut daerah patahan di daratan Pulau Jawa terbilang padat penduduk. BNPB sedang bekerja dengan sejumlah ahli menemukan lokasi pasti patahan-patahan tersebut.

“Tentu kami juga harus bekerja sama dengan pemerintah provinsi, kabupaten, kota, untuk bersama-sama memberikan tanda peringatan itu,” kata Doni.

Meski begitu, Doni meminta, masyarakat tak panik dengan pemasangan tanda peringatan ini. Pemasangan tanda peringatan hanya sebagai pengingat dan panduan buat masyarakat saat bencana terjadi.

“Semata untuk menyampaikan kepada masyarakat bahwa kita hidup di atas cincin api dan di atas patahan lempeng yang setiap saat bisa terjadi gempa,” jelas Doni. (Red)

 

Facebook Comments

Subscribe

Terima kasih telah membaca artikel kami. Untuk informasi update silakan berlangganan newslatter kami di bawah ini

No Responses

Comments are closed.