Debat Kandidat Paslon vs Kotak Kosong

Debat Kandidat Paslon vs Kotak Kosong

Kabar5.Com, Serang | Iti Octavia Jayabaya dan Ade Sumardi, calon tunggal di Kabupaten Lebak, berdebat dengan ‘kotak kosong’ yang digelar oleh KLU Kabupaten Lebak. Paslon inchumbent itu dalam penyampaian visi misinya, mengaku akan mengembangkan pariwisata yang ada di wilayahnya.

“Peningkatan ekonomi masyarakat berbasis wisata, pembangunan karakter masyarakat dan peningkatan kerja birokrasi yang inovatif,” kata Iti, disalah satu hotel di Kota Cilegon, Banten, Senin 14 Mei 2018.

Keinginan Iti dan Ade di periode keduanya ini di debat oleh ekonom Ichsanudin Noorsy. Dia mempertanyakan, mengapa Iti dan Ade memilih pengembangan wisata, saat pembangunan dasar masih tertinggal.

“Kenapa anda memulai wisata, ditengah persoalan primer dan sekunder, di Kabupaten Lebak belum selesai. Indikatornya pertanian, pada saat yang sama kemiskinan di pertanian. Yang kedua, di persoalan pendidikan yang juga tidak selesai, IPM anda terendah di Banten,” kata Ichsanudin Noorsy, saat menyampaikan pertanyaan ditempat yang sama, Senin 14 Mei 2018.

Iti menjawab, pembangunan wisata itu akan menjadikan Kabupaten Lebak mandiri secara perekonomian tanpa merusak lingkungan.

Sehingga, Pendapatan Asli Daerah (PAD) di wilayah tertinggal di Banten itu bisa terangkat. Seperti meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) melalui pembangunan pendidikan, perbaikan kesehatan, dan pembangunan infrastruktur.

“Kenapa saya memeberanikan di wisata, bukan berarti meninggalkan primer. Karena di wisata itu peningkatan kualitas masyarakatnya,” terang Iti.

Kabupaten Lebak menjadi satu dari tiga daerah di Banten yang melawan kotak kosong, yakni Kota Tangerang dan Kabupaten Tangerang. (Tama)

Subscribe

Terima kasih telah membaca artikel kami. Untuk informasi update silakan berlangganan newslatter kami di bawah ini

No Responses

Comments are closed.