DPR Dukung Budaya setiap Pramuka Adalah Kantor Berita

DPR Dukung Budaya setiap Pramuka Adalah Kantor Berita
Posted by:

Kabar5.Com, Jakarta | Wakil Ketua DPR RI, Taufik Kurniawan mengapresiasi lomba video reportase yang diadakan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka.

Menurutnya, Pramuka sudah memulai budaya menggunakan telepon genggam dan medsos untuk hal-hal positif.

Ia berharap agar kegiatan lomba seperti ini terus diadakan, baik tingkat nasional maupun daerah.‎

“Pramuka sudah kerja nyata membantu promosi kuliner, budaya, pariwisata Indonesia. Ini juga menjadi salah satu proses pendidikan jurnalistik di Pramuka yang patut dipertahankan. Saya sangat mendukung dan setuju itu,” ujar Taufik saat di Gedung Nusantara III DPR‎, Jakarta, Kamis, 18 Mei 2017.

Taufik kagum dengan kemampuan Pramuka di daerah membuat video reportase wisata daerah, kuliner dan produk lokal. Seperti Abdul Karim, Pramuka Siaga (SD) yang mengenalkan lokasi wisata tambang batu kapur di Bukit Jaddih, Kecamatan Socah, Kabupaten Bangkalan, Madura, Jawa Timur.

Videonya dapat dilihat di :

Destinasi yang satu ini kerennn Yok share juga keindahan, dan keunikan di tempat sahabat Pramuka melalui Lomba Video Reportase Pramuka Ini karyanya adik-adik emesh dari @sdnpoter1tanahmerah – Kali ini Adik Abdul Karim akan mengajak Kakak semua mengenal lebih dekat dengan salah satu lokasi tambang batu kapur di Bukit Jaddih, Kecamatan Socah, Kabupaten Bangkalan. Alamnya yang unik serta aktivitas pertambangan yang masih aktif, menambah keseruan bersama sahabat dan keluarga untuk mengabadikan berbagai momen. Selengkapnya kita simak bersama liputannya. "Keindahan Bukit Kapur Jaddih Madura" Reporter : Abdul Karim Gugus Depan 08.83 Pangkalan SD Negeri Poter 1 Tanahmerah Crew : @aanhari30 @aldiansyahlukman @ririn_choiriyah @gerakanpramuka @adhyaksadault @reporterpramuka @kwarda.jatim #setiappramukaadalahkantorberita @kemenpar @indotravellers.co @pesonaindonesiaofficial #SetiapPramukaAdalahKantorBerita #RainasPramuka2017 #GerakanPramuka #Scout #PramukaUntukPerubahan #ScoutForChange #AksiPramukaPeduli #Pramuka #Indonesia #PramukaIndonesia #NKRI #BanggaPramuka #Pramuka #DasaDarma #Kwarnas #Trisatya #GaulPramuka #Keren #Gembira #Asyik #PramukaPancasila #TanyaKakAdhyaksa #Kemah #PramukaPeduli #KwartirNasional

A post shared by Gerakan Pramuka (@gerakanpramuka) on

Menurut Taufik, anak SD sudah mampu membuat video seperti itu luar biasa. Ia kagum karena rata-rata yang ikut lomba adalah peserta dengan usia 7-25 tahun. Ini harus didukung Kemendikbud, Kemenpora dan Kementerian Pariwisata.

“Pramuka sudah memulai. Semoga ini jadi budaya di kalangan anak muda, budaya menggunakan telepon genggam untuk hal-hal positif seperti yang dilakukan Pramuka,” pungkasnya.

Diketahui, lomba video reportase Pramuka dimulai pada 21 Februari 2017 hingga 25 April 2017. Video-video tersebut bisa ditonton di akun Instagram @gerakanpramuka dan @reporterpramuka. Ketua Kwarnas Adhyaksa Dault tidak menyangka animo Pramuka ikut kegiatan ini begitu luar biasa.

“Tidak mudah menentukan pemenang, ini kesimpulan saya setelah melihat video-video tersebut di akun Instagram @gerakanpramuka dan @reporterpramuka. Bagus-bagus semua, anak-anak kita membanggakan. Setiap Pramuka adalah kantor berita perlahan telah jadi budaya, bukan lagi semboyan saja,” ujar Adhyaksa Dault.

Pria yang memiliki hobi mendaki gunung ini menambahkan, lomba ini diadakan untuk membangkitkan semangat adik-adik Pramuka agar lebih aktif mempromosikan potensi daerahnya. Seperti pariwisata, produk lokal, kuliner, budaya dan sosok tokoh inspiratif. Juga sekaligus untuk membumikan semboyan Kwarnas, yakni “Setiap Pramuka Adalah Kantor Berita.”

Kwarnas akan memberikan hadiah bagi juara I sebesar, Rp 6.000.000 (enam juta rupiah). ‎Juara II Rp 4.000.000 (empat juta rupiah). ‎Juara III Rp 3.000.000 (tiga juta rupiah). Dan ‎12 video reportase terbaik lainnya atau terfavorit, masing-masing mendapatkan Rp 1.000.000 (satu juta rupiah)‎.‎ (red)

Facebook Comments

Tags: ,

Subscribe

Terima kasih telah membaca artikel kami. Untuk informasi update silakan berlangganan newslatter kami di bawah ini

No Responses

Comments are closed.