dr.Theresia: Selalu Bugar dan Segar Saat Puasa

dr.Theresia: Selalu Bugar dan Segar Saat Puasa

Kabar5.Com, Jakarta | Memang berpuasa sambil mudik sangat berat. Salah satu ciri khas Lebaran di Tanah Air adalah mudik atau pulang ke kampung halaman masing-masing. Perjalanan jauh bukan berarti berhenti puasa. Salah satu masalah kesehatan yang biasa dihadapi adalah dehidrasi. Jika tidak dicegah atau diatasi, hal ini bisa berbahaya untuk kesehatan.


Menurut dr.Theresia Rina Yunita, dehidrasi umumnya dapat terjadi akibat kurangnya asupan cairan yang diperlukan tubuh. Dalam kondisi puasa, hal ini sangat biasa terjadi. Oleh karenanya, Anda harus memperhatikan benar asupan nutrisi saat buka puasa dan sahur.

Kondisi dehidrasi yang berlarut-larut bisa mengganggu kesehatan Anda karena bisa mengakibatkan badan lemas, syok, sakit kepala, bahkan bisa berujung pada kematian. Anda tentu tidak ingin mengalami kondisi tersebut saat mudik dan puasa bukan? Solusinya, cukupi kebutuhan cairan tubuh Anda dengan mengonsumsi makanan yang bergizi.

Di bawah ini adalah beragam makanan yang bisa membantu Anda mengatasi masalah dehidrasi saat mudik, seperti dikutip dari situs Klik Dokter:

1. Sup 

Related image

Saat sahur sebelum mudik, pilihlah menu sahur berupa sup. Dikutip dari Livestrong, hidangan sup yang disarankan adalah sup yang dibuat dari campuran kaldu ayam dan sayuran. Kandungan nutrisi, cairan, serta vitamin dan mineral di dalam sup, dapat membantu untuk mencegah Anda mengalami dehidrasi. Sup juga bisa menjadi menu pilihan Anda saat buka puasa.


2. Sayuran

Image result for Sayuran

Aneka sayuran daun seperti daun selada, brokoli dan ketimun bisa menjadi pilihan sehat dalam menu buka puasa dan sahur Anda. Kandungan nutrisi dan air di dalam sayuran, bisa membantu memasok kebutuhan cairan tubuh, dan mencegah Anda terkena dehidrasi.


3. Buah-buahan

Image result for Buah-buahan

Buah segar bisa menjadi pilihan untuk berbuka puasa atau sebagai pencuci mulut saat sahur. Pilih buah dengan kandungan air tinggi seperti melon, semangka, apel atau buah pir. Kandungan air yang mencapai hingga 90% di dalam buah, bisa membuat tubuh Anda terhidrasi dalam waktu yang cukup lama, terutama saat dalam perjalanan mudik.


4. Air kelapa muda

Related imageMenurut dr. Kartika Mayasari, air kelapa memiliki kandungan elektrolit, seperti sodium, magnesium, potasium dan kalsium, yang lebih tinggi dibandingkan air putih biasa. Kandungan potasium dalam air kelapa juga 4 kali lebih tinggi daripada 4 buah pisang, yang memang mengandung kadar potasium tinggi.

Tingginya kandungan air dan nutrisi pada air kelapa muda, membuat minuman ini cocok sebagai pencegah dehidrasi. Namun yang perlu Anda pahami, air kelapa hanya bisa digunakan untuk mengatasi dehidrasi ringan dan sedang. Sedangkan untuk dehidrasi berat, apalagi untuk dehidrasi yang diakibatkan oleh diare, Anda harus segera ditangani oleh dokter dan mendapatkan terapi cairan di rumah sakit.

Mudik untuk libur lebaran bersama keluarga memang sangat menyenangkan. Jika Anda tetap berniat untuk puasa selama perjalanan mudik, Anda perlu mempersiapkan kondisi Anda sebaik mungkin. Beberapa makanan di atas, bisa menjadi solusi untuk mencegah Anda terhindar dari kondisi dehidrasi.

Jika dehidrasi yang Anda alami hanya diakibatkan kekurangan cairan, bisa diganti dengan memberi cukup asupan cairan. Namun jika diakibatkan oleh gangguan kesehatan lainnya, seperti diare, Anda tetap perlu untuk memeriksakan diri ke dokter.


(red)

Facebook Comments

Subscribe

Terima kasih telah membaca artikel kami. Untuk informasi update silakan berlangganan newslatter kami di bawah ini

No Responses

Comments are closed.