Emil Dardak Tinjau Harga Pasar Baru Pandaan

Emil Dardak Tinjau Harga Pasar Baru Pandaan

Kabar5.Com, Jawa Timur | Harga komoditas pasar jelang lebaran yang cenderung merangkak naik ikut menjadi perhatian calon Wakil Gubernur Jatim nomor urut 1, Emil Elestianto Dardak. 


Emil pun menyempatkan diri meninjau harga komoditas pasar dengan blusukan ke Pasar Pandaan, Kabupaten Pasuruan, Senin 28 Mei 2018 dini hari.

“Menjaga kestabilan harga ini sangatlah penting, waktu itu kita menggandeng stakeholder terkait untuk melakukan operasi pasar di saat harga beberapa komoditas pasar melambung tinggi. Inilah yang pernah kita lakukan sebagai kepala daerah tingkat dua, cuma titik operasi pasarnya yang perlu kita lihat,” tuturnya.

Suami Arumi Bachsin ini juga menjelaskan bahwa kenaikan harga tentunya sesuatu yang wajar karena permintaan yang meningkat di bulan Ramadan. Namun pemerintah perlu juga memperhatikan dan memastikan bahwa nilai kenaikan masih dalam taraf kewajaran.

Koordinasi dan komunikasi antarlembaga menjadi penting. Bupati Trenggalek non aktif ini juga berbagi pengalamannya ketika berkoordinasi dengan Bank Indonesia, Kementerian Perdagangan, Kementrian Pertanian untuk memastikan komoditi pokok tidak mengalami kenaikan harga di atas kewajaran, di antaranya daging, beras, telur, gula, garam maupun komoditi pokok lainnya.

“Kalau ada anomali panen itu memang lain cerita, namun kalau kita bicara umum wajar kalau harga naik. Namun untuk kenaikan di luar kewajaran perlu kita cegah dengan berkoordinasi seperti tadi,” ungkapnya.

Jika ada penimbunan, maka solusi yang bisa ditawarkan untuk mengantisipasinya antara lain operasi yang dilakukan kepolisian atau penegak hukum adalah untuk mengantisipasi penimbunan. “Biasanya stok hariannya sekian, kalau itu tertahan berarti perlu adanya perhatian,” imbuhnya.

Sementara itu, Bery, salah satu pedagang tahu di pasar Pandaan Pasuruan menuturkan kebahagiaannya bisa bertemu Emil Dardak. Menurutnya Emil Dardak adalah sosok muda dan memiliki latar belakang akademik yang bagus.

“Semoga beliau dapat terpilih dan membawa Jawa Timur lebih maju ke depan, serta dapat membawa perubahan terutama di bidang SDM dan pembangunan di Jawa Timur,” ungkap Bery. 


(red)

Facebook Comments

Subscribe

Terima kasih telah membaca artikel kami. Untuk informasi update silakan berlangganan newslatter kami di bawah ini

No Responses

Comments are closed.