Empat Gerbong Kereta Jadi Perpustakaan Dan Rumah Sakit

Empat Gerbong Kereta Jadi Perpustakaan Dan Rumah Sakit
Posted by:

Kabar5.com, Serang | Empat gerbong kereta api di ubah menjadi rumah sakit dan perpustakaan. Dua gerbong menjadi pelayanan kesehatan masyarakat dengan peralatan medis lengkap. Dua lainnya, menjadi perpustakaan yang berisikan 328 judul buku manual dan e-book berjumlah 128 judul.

“Ada empat gerbong, di bagi dua, ada perpusatakaan, video, film, yang sudah melalui saringan. Ada dua gerbong rail klinik, yang ada peralatan kesehatan,” kata R. Dadan Rudiansyah, saat ditemui di Stasiun Catang, Kabupaten Serang, Banten, Selasa 08 Mei 2018.

Kereta api itu mangkal di Stasiun Catang, Desa Bojong Catang, Kecamatan Tunjung Teja, Kabupaten Serang, Banten. Memberikan pelayanan kesehatan gratis bagi 300 warga dan menyediakan buku bacaan gratis bagi warga setempat.

Di stasiun ini, PT Kereta Api Indonesia (KAI), Daerah Operasional (Daop) I Jakarta juga memberikan pengobatan gratis dan pembangunan sembako, melalui Tail Clinic dan Rail Library.

Di stasiun yang berlokasi di Kampung Datang, Desa Bojong Catang, Kecamatan Tunjung Teja, Kabupaten Serang ini, masyarakat bisa memeriksakan kesehatannya untuk penyakit umum, gigi, kehamilan, hingga laboratorium. Warga pun mendapatkan 45 kacamata gratis dan 200 paket sembako.

Selain itu, masyarakat pun mendapatkan penyuluhan pola hidup sehat, demam berdarah (DBD), kesehatan gigi, diabetes, hipertensi hingga HIV/AIDS yang diberikan oleh 26 orang tim kesehatan.

Perlu diketahui bahwa Stasiun Catang dibangun tahun 1888. Pada jaman nya, stasiun yang masuk ke cagar budaya ini, digunakan untuk mengangkut material letusan Gunung Krakatau yang dipakai untuk membangun bendungan Pamarayan, di Kabupaten Serang, Banten. (Tama)

Facebook Comments

Subscribe

Terima kasih telah membaca artikel kami. Untuk informasi update silakan berlangganan newslatter kami di bawah ini

No Responses

Comments are closed.