Gunung di Guatemala Meletus

Gunung di Guatemala Meletus

Kabar5.Com, Guatemala | Sedikitnya enam orang tewas ketika Gunung Fuego di Guatemala meletus, Minggu (3/6), memuntahkan abu dan batuan.


Lembaga Darurat Guatemala (CONRED) mengatakan gunung berapi itu berada 40 kilometer (25 mil) dari Kota Guatemala, ibu kota Guatemala. Gunung mulai memuntahkan laca Jumat (14/9) sore. Muntahan lava hingga mencapai 600 meter (2.000 kaki). Sementara abu setinggi tiga kilometer (dua mil) juga sempat menyembur ke atas.

 

Gunung di Guatemala Meletus, Enam Orang Tewas

 

Direktur Tanggap Darurat CONRED, Sergio Cabanas mengatakan sekitar sebelas ribu orang diungsikan. Sementara delapan ribu orang lainnya sedang menunggu dipindahkan menuju ke tempat penampungan.

Pejabat CONRED lainnya menyatakan aliran lava terus menyebar di sekitar lokasi. Hal ini turut menghambat proses evakuasi pengungsi. Letusan Gunung Fuego saat ini adalah yang terbesar sejak 1999.

”Sebuah letusan tiba-tiba terjadi.  Letusan gunung berapi yang besar, dengan ledakan kuat dan mengeluarkan abu,” kata Ahli Vulkanologi, Seismologi, Meteorologi dan Hidrologi dari Institut Nasional, Gustavo Chicna.

Menurut Vulkanisme Global Institute Smithsonian Programme, Gunung Fuego memiliki tinggi 3.760 meter (12.336 kaki). Ia merupakan salah satu gunung berapi di Amerika Tengah yang paling aktif.

 

Gunung Fuego di Guatemala meletus.

 

Letusan itu merupakan letusan kedua pada tahun ini. Korban tewas merupakan petani yang tinggal di wilayah selatan Gunung Fuego. Mereka terjebak aliran lava panas.

 

Image result for Gunung Fuego di Guatemala

 

Sedikitnya 20 orang lainnya terluka dan lebih dari 2 ribu orang yang berada di dekat gunung dievakuasi. Para petani yang berlumuran debu melarikan diri saat petugas pemerintah berusaha merelokasi mereka ke tempat pengungsian.

 

Related image

 

Abu tebal yang dimuntahkan oleh Gunung Fuego juga menyebabkan bandara internasional di Guatemala City ditutup.


(red)

Facebook Comments

Subscribe

Terima kasih telah membaca artikel kami. Untuk informasi update silakan berlangganan newslatter kami di bawah ini

No Responses

Comments are closed.