Gunung Soputan Berstatus Siaga

Gunung Soputan Berstatus Siaga

Kabar5.Com, Sulawesi Utara | Gunung Soputan di Kabupaten Minahasa Tenggara, Sulawesi Utara, dalam status Siaga menurut Kepala Pusat Data, Informasi dan Hubungan Masyarakat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho.

“Masyarakat agar tidak beraktivitas di seluruh area dalam jarak lingkar empat kilometer dari puncak gunung,” kata Sutopo melalui pesan tertulis di Jakarta, Rabu.

Sutopo juga memperingatkan masyarakat di wilayah Barat-Barat Daya dalam radius 6,5 kilometer dari puncak Gunung Soputan, yang merupakan daerah bukaan kawah, mewaspadai kemungkinan adanya guguran lava atau awan panas setelah gunung itu meletus pada Rabu pukul 08.47 WITA.

Dia menyarankan warga di sekitar Gunung Soputan menyiapkan penutup hidung dan mulut untuk menghindari gangguan saluran pernafasan bila terjadi hujan abu.

“Masyarakat juga perlu mewaspadai kemungkinan ancaman aliran lahar yang terjadi ketika material letusan gunung terbawa air melalui sungai,” ia menambahkan.

Sungai berhulu di sekitar lereng Gunung Soputan seperti Sungai Ranowangko, Sungai Lawian, Sungai Popang dan Sungai Londola Kelewahu bisa menjadi jalur aliran lahar.

Gunung Soputan meletus pada Rabu pukul 08.47 WITA. Letusan terekam seismogram berkekuatan maksimum 39 milimeter dengan lama waktu sekitar enam menit. Pos Pengamatan Gunung Soputan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi melaporkan tinggi kolom abu vulkanik teramati 4.000 meter di atas puncak kawab atau 5.809 meter di atas permukaan laut. (Red)

 

Facebook Comments

Subscribe

Terima kasih telah membaca artikel kami. Untuk informasi update silakan berlangganan newslatter kami di bawah ini

No Responses

Comments are closed.