Ini Puncak Arus Mudik Lebaran 2017 di Pelabuhan Belawan

Ini Puncak Arus Mudik Lebaran 2017 di Pelabuhan Belawan
Ilustrasi
Posted by:

Kabar5.Com, Medan | Puncak arus mudik di Pelabuhan Penumpang Bandar Deli Belawan, Sumatera Utara, diperkirakan pada Sabtu 24 Juni 2017. Momentun itu diperkirakan terjadi seiring masuknya kapal pembawa pemudik dari sejumlah wilayah di Indonesia.

Kepala Operasi PT Pelni Cabang Medan Belawan, Irwansyah mengatakan, hingga saat ini jumlah pemudik yang masuk ke Sumut melalui Pelabuhan Bandar Deli Belawan masih dalam kondisi normal. Belum ada peningkatan jumlah penumpang yang datang maupun yang berangkat dari pelabuhan yang kini terintegrasi dengan moda transportasi kereta api tersebut.

“Keberangkatan dari Pelabuhan Belawan masih stabil. Diperkiraan puncak arus mudik pada tanggal 24 Juni. Sementara untuk arus balik kita perkirakan tanggal 29 Juni hingga 4 Juli 2017. Untuk arus balik, jumlah tiket yang kita jual sudah 50 persen,” kata Irwansyah, Rabu, 21 Juni 2017.

Supervisor Terminal Pelabuhan Belawan, Yusuf M menyebutkan, belum adanya lonjakan penumpang angkutan laut di Pelabuhan Belawan, salah satunya disebabkan karena persaingan dengan angkutan udara yakni yang memasang tarif semakin murah.

“Ini kan bersaing dengan pesawat, karena naik kapal ini memakan waktu 3 hari 2 malam untuk sampai ke Pelabuhan Tanjung Priok. Kalau naik pesawat kan cuma 2 jam sudah sampai. Naik kapal ini kan untuk pemudik yang ingin santai,” ucapnya.

Yusuf juga menjelaskan, minat masyarakat menggunakan jasa transportasi laut saat Idul Fitri 1438 Hijriah akan tinggi saat arus balik yang diperkirakan tanggal 29 Juni dan 4 Juli 2017.

“Kalau harga bersaing itu tinggi seperti sekarang, apalagi saat arus balik pasti ramai. Terutama tiket pesawat lagi mahal-mahalnya, sementara tarif kapal ini tetap” ungkap Yusuf.

Selama periode Juni 2017 ini, jumlah penumpang KM Kelud yang turun di Terminal Bandar Deli Belawan, sebanyak 7.756 orang. Para penumpang kebanyakan berasal dari Pelabuhan Batuampar, Batam, dan Tanjung Priok, Jakarta. Sementara, penumpang yang berangkat dari Terminal Bandar Deli Belawan, sebanyak 1.490 orang hingga hari ini, dengan tujuan Tanjung Balai, dan Batam. (red)

 

Facebook Comments

Tags: ,

Subscribe

Terima kasih telah membaca artikel kami. Untuk informasi update silakan berlangganan newslatter kami di bawah ini

No Responses

Comments are closed.