Isu Anak dan Perempuan Masih Kurang Dilirik

Isu Anak dan Perempuan Masih Kurang Dilirik
Posted by:

Kabar5.Com, Kendari | Berdasarkan hasil evaluasi Rumpun Perempuan Sultra (RPS) terhadap pola pemberitaan di semua media lokal di Bumi Anoa, isu politik dan hukum masih mendominasi dalam pemberitaan. Sedangkan isu anak dan perempuan nampaknya masih kurang dilirik.

PO RPS, Alex mengungkapkan, dirinya menyayangkan jika isu anak dan perempuan masih dikesampingkan. Padahal, media memiliki peran penting untuk mengekspos kondisi yang dialami anak-anak dan perempuan di Indonesia pada umumnya, serta Sultra khususnya.

Kalau saya lihat saat ini seperti itu sih, semua media baik cetak, elektronik maupun online belum fokus untuk mengawal pemberitaan di segmen anak dan perempuan,” ungkap pria berambut gondrong itu, Jumat, 26 Mei 2017.

Tahun 2016 lalu, kata dia, pihaknya bersama beberapa media berhasil mempresure kasus kekerasan yang dialami seorang anak dibawah umur. Hal ini menunjukan betapa pentingnya kehadiran media, untuk memberikan penekanan terhadap suatu kasus yang saat ini kian marak menimpa anak-anak maupun kaum wanita.

“Jika hal ini terus kita lakukan, maka bisa dipastikan akan bisa menekan angka kekerasan terhadap anak serta perempuan,” ujar Alex.

Untuk itu, lanjut dia, pihaknya akan melakukan upaya penguatan kapasitas jurnalis dalam melakukan peliputan terkait kedua isu tersebut. Seperti pelatihan jurnalistik, beasiswa dan agenda lainnya.

“Kita akan coba memikirkan formulasinya, agar kedepannya isu ini bisa dilirik semua perusahaan media,” jelas Alex. (Ikas)

Facebook Comments

Tags: ,

Subscribe

Terima kasih telah membaca artikel kami. Untuk informasi update silakan berlangganan newslatter kami di bawah ini

No Responses

Comments are closed.