Jalang Arus Mudik, Jalinsum Sibolga-Tarutung Minim Rambu dan Rawan Kecelakaan

Jalang Arus Mudik, Jalinsum Sibolga-Tarutung Minim Rambu dan Rawan Kecelakaan
Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) Sibolga-Kabupaten Tapanuli Utara (Taput) minim rambu lalu lintas dan rawan laka lantas.
Posted by:

Kabar5.Com, Sibolga | Menjelang musim mudik lebaran tahun ini, sejumlah supir angkutan penumpang antar kota dalam provinsi, meminta Dinas Perhubungan Provinsi Sumatera Utara dan pihak-pihak terkait untuk memasang rambu-rambu lalu lintas di Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) Sibolga – Tapanuli Utara (Taput), mengingat kondisi jalan nasional itu yang terkenal dengan banyaknya tikungan tajam serta jurang terjal, yang selalu siap menanti korban.

“Kalau rambu-rambu sangat minim di situ. Padahal di sana tikungannya sangat banyak, belum lagi jurang yang mengancam kita,” sebut Rahmad, supir angkutan penumpang cara sewa, di kawasan Batu Lubang Kecamatan Sitahuis Tapanuli Tengah (Tapteng), Rabu, 14 Juni 2017.

Rahmad mengatakan, setiap musim mudik lebaran, jalan yang menjadi akses utama angkutan darat dari Sibolga – Tapteng menuju Medan itu, ramai dipadati kendaraan, karena itu ia minta perhatian serius dari pemerintah untuk membuat rambu-rambu di sepanjang jalan nasional itu, guna memberi rasa aman bagi pemudik.

“Tolonglah dibuatkan (rambu-rambu) itu. Ini demi keselamatan semua,” kata Rahmad.

Sementara Togar Sihombing, supir angkutan penumpang lainnya yang ditemui di perbatasan Tapanuli Tengah dengan Tapanuli Utara mengaku, minimnya rambu-rambu lalu lintas di Jalan Nasional Sibolga-Tapanuli Utara, akan sangat menyulitkan bagi pemudik, apalagi mereka yang belum pernah melintas di jalur itu.

Memang (jalan) ini sangat membahayakan bagi pemudik yang lewat dari situ, apalagi yang belum pernah melewatinya, selain jalannya sempit, jalur itu juga daerah rawan longsor,” ujarnya sembari berharap pemerintah untuk menyiapkan alat berat di lokasi tersebut guna mengantisipasi terjadinya longsor saat mudik lebaran.

Selanjutnya Rahmad maupun Togar Sihombing sepakat, agar pemerintah melalui instansi terkait, segera memasang rambu-rambu lalu lintas sebelum musim mudik lebaran yang diperkirakan akan mulai berlangsung pekan mendatang. (Andreas)

 

Facebook Comments

Tags: , , ,

Subscribe

Terima kasih telah membaca artikel kami. Untuk informasi update silakan berlangganan newslatter kami di bawah ini

No Responses

Comments are closed.