Jelang Ramadhan, Sibolga Siapkan Strategi Jaga Stabilitas Harga

Jelang Ramadhan, Sibolga Siapkan Strategi Jaga Stabilitas Harga
Posted by:

Kabar5.Com, Sibolga | Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kota Sibolga menyatakan, telah menyiapkan sejumlah strategi guna menjaga stabilitas harga menjelang bulan Ramadhan 1438 Hijriyah.

“Strategi itu seperti melakukan inspeksi mendadak (sidak) harga dan pasokan ke pasar, dan ke sejumlah lokasi strategis seperti, gudang Bulog, gudang distributor gas elpiji, tempat pelelangan ikan dan tarif angkutan,” ujar Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Sibolga M Junaifin, Senin, 15 Mei 2017, di Sibolga.

Pencapaian inflasi di Kota Sibolga pada periode Januari hingga April 2017, kata Junaifin, cukup terkendali dan secara rata-rata tercacat deflasi.

Namun Junaifin juga mengatakan, inflasi Kota Sibolga setiap tahunnya cenderung dipengaruhi oleh komoditas cabai merah, ikan dan daging.

“Jadi program pengendalian inflasi difokuskan pada peningkatan produksi dan distribusi komoditas tersebut,” jelasnya.

Selanjutnya disebutkan, sejak April lalu, pergerakan harga komoditas cabai merah terus menunjukkan tren peningkatan.

“Persolan ini perlu dicermati dengan serius, belum lagi penyesuaian tarif subsidi listrik juga dikhawatirkan ikut mendorong inflasi,” kata Junaifin.

Selain itu, Junaifin menambahkan, ada indikasi gas elpiji bersubsidi digunakan dalam jumlah besar untuk kegiatan usaha, sehingga berpengaruh terhadap ketersediaan pasokan.

“Karena itu, inflasi bulan Mei 2017, berpotensi melebihi proyeksi, karena faktor perubahan pola konsumsi masyarakat di bulan ramadhan,” tutupnya. (Andreas)

Facebook Comments

Tags: , ,

Subscribe

Terima kasih telah membaca artikel kami. Untuk informasi update silakan berlangganan newslatter kami di bawah ini

No Responses

Comments are closed.