JK Terima Kunjungan Wapres Gambia

JK Terima Kunjungan Wapres Gambia

Kabar5.Com, Jakarta | Wakil Presiden Gambia HEM A. N. M Ousainou Darboe menemui Wapres Jusuf Kalla (JK) di Istana Wakil Presiden. Wapres Gambia disebutkan menemui JK untuk mengundang Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Konferensi Tingkat Tinggi Organisasi Kerjasama Islam (KTT OKI) yang akan digelar di Gambia.

“Tujuannya untuk mengundang Presiden untuk hadir ke KTT OKI, karena tahun depan dia akan menjadi ketua dari OKI yang saat ini sedang dipegang oleh Turki,” kata Menlu Retno Marsudi usai pertemuan di Istana Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, 16 Juli 2018.

Menlu menjelaskan KTT OKI di Gambia dijadwalkan digelar November 2019. Sebelumnya Indonesia menjadi tuan rumah KTT Luar Biasa OKI pada 2016 lalu.

“Untuk persiapan sebagai tuan rumah KTT OKI, beliau mengatakan bahwa sebagai negara yang tidak terlalu besar tentunya juga bantuan – bantuan baik dalam bentuk kapasitas building maupun bantuan – bantuan yang lainnya. Itu sudah kita bahas dari sejak sebelum 2017,” ujar Menlu.

Gambia tidak hanya sebagai tuan rumah, nantinya Gambia juga akan menjadi Ketua OKI menggantikan Turki.

“Karena kita tahu Gambia akan ketua, akan jadi tuan rumah. Oleh karena itu pada 2017 Indonesia sudah memberikan pelatihan dalam bidang keprotokolan. Jadi kita sudah mengirim tim keprotokolan, ke Gambia untuk protocol officer dari Gambia,” tutur Retno.

Wapres JK bertemu dengan Wapres Gambia sekitar 1 jam. Dalam waktu tersebut kedua belah pihak juga menggelar makan siang bersama. (Red)

Facebook Comments

Subscribe

Terima kasih telah membaca artikel kami. Untuk informasi update silakan berlangganan newslatter kami di bawah ini

No Responses

Comments are closed.