Jokowi dan Perekonomian Islam Nasional

Jokowi dan Perekonomian Islam Nasional
Posted by:

Kaba5.com, Serang | Dengan mengenakan peci dan sarung, Presiden Jokowi meresmikan sistem ekonomi umat Islam, yang diberi nama Arus Baru ekonomi Indonesia, oleh KH.Ma’ruf Amin, di Ponpes Nawawi al-Bantani.

Sistem perekonomian itu berupa Bank Wakaf Mikro, Koperasi Mitra Santri Nasional (KMSN) dan Lembaga Pemberdayaan Ekonomi Umat (LPEU).

Bersama pengasuh Ponpesn Nawawi Al-Bantani, KH.Ma’ruf Amin. Presiden Jokowi berbincang dengan warga dan ibu majelis taklim.

“Ya silaturahmi, kemudian mau apa lagi, mau masuk ke bank wakaf mikro? Udah masuk? Udah dpt pinjaman?” Tanya Jokowi, ke ibu-ibu pengajian dan masyarakat, di Ponpes Syekh Nawawi Al-Bantani, Kabupaten Serang, Banten, Rabu 14 Maret 2018.

Mereka pun kompak menjawab kalau telah mendapatkan bantuan sebesar Rp 1 juta.

Uang pinjaman tanpa bunga itu, digunakan oleh peserta Bank Wakaf Mikro untuk membuka usaha, seperti menjual sembako, gorengan, nasi uduk hingga bakso.

“Saya titip, ibu ibu jangan terjebak ke rentenir, karena bunga disana (rentenir) tinggi sekali,” terangnya.

Dengan mengangsur sebesar Rp 26 ribu perminggu dengan jangka waktu pinjaman sampai satu tahun. Diharapkan, program Bank Wakaf mikro, yang dibangun oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), dapat meningkatkan perekonomian masyarakat bawah.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu berpesan agar dana pinjaman, benar-benar digunakan untuk usaha. Selain bermanfaat untuk memajukan ekonomi keluarga, saat menyicil, masyarakat pun akan mengikuti pengajian di Ponpes Nawawi Al-Bantani.

“Kalau sudah kembali, bisa dipinjamkan lagi, bisa naik Rp 2 juta, bisa ke Rp 3 juta. Kalau dulu warung nya satu, bisa jadi dua,” ujarnya.

Lalu ada seorang ibu-ibu bertanya ke Presiden, apakah bisa meminta tambahan modal ke pribadi Jokowi.

“Kira-kira, kalau minta tambahan modal, dapet enggak dari bapak?” Kata sang Ibu itu, sembari tertawa, dialokasi yang sama, Rabu (14/03/2018).

Jokowi pun tertawa mendengar pertanyaan itu. Sembari tersenyum, sang Presiden yang di dampingi oleh KH.Ma’ruf Amien, menjawabnya dengan santai.

“Jadi nanti kalau usahanya berkembang, bisa dapat tambahan dana lagi. Jangan minta tambahan dari presiden,” kata Jokowi sambil tertawa.

Bank Wakaf Mikro, Koperasi Mitra Santri Nasional (KMSN) dan Lembaga Pemberdayaan Ekonomi Umat (LPEU), merupakan inisiasi dari KH.Ma’ruf Amien, selaku pengasuh Ponpes Nawawi Al-Bantani sekaligus ketua MUI. Perekonomian syariah ini, telah di rancang oleh dirinya sejak tahun 1990.

Saat KH.Ma’ruf Amin di daulat menjadi Rais Aam PBNU, dirinya menggelar halaqah keliling daerah se-Indonesia. Para kiai Syuriah NU dari tingkat wilayah, cabang, hingga ranting NU diajak berdialog untuk memetakan persoalan keumatan. Sekaligus mendorong para kiai untuk bangkit menata kembali perekonomian umat dari berbagai sektor.

Arus baru ekonomi Indonesia yang belum genap setahun beridiri itu, telah beranggotakan 25 ponpes di seluruh Indonesia telah bergerak di sejumlah sektor bisnis, yakni sektor jasa keuangan, ritel, budidaya pertanian, perikanan dan peternakan serta sektor jasa.

Sistem perekonomian ini pun telah bekerjasama dengan Leumart di sektor ritel, REI di sektor properti, C-Farming IPB untuk pengembangan udang windu dan Asosiasi Petani Jagung Indonesia (APJI) untuk produk pertanian dan olahan jagung. (Tama)

Facebook Comments

Subscribe

Terima kasih telah membaca artikel kami. Untuk informasi update silakan berlangganan newslatter kami di bawah ini

No Responses

Comments are closed.