Kandasnya Kapal KM Lestari Maju, 50 Orang Selamat

Kandasnya Kapal KM Lestari Maju, 50 Orang Selamat

Kabar5.com, Makassar | Hingga malam evakuasi penumpang kapal KM Lestari Maju di perairan Selayar, Sulawesi Selatan, masih terus dilakukan. Proses itu terus berlangsung karena ternyata masih ada sekitar 50 penumpang yang terjebak dalam kapal kandas itu.

 

Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan Sumarsono menyebutkan, 50 orang yang masih diupayakan untuk diselamatkan berada di dek atas kapal. “50 orang sudah dideteksi di ujung kapal,” kata Sumarsono, 3 Juli 2018.

 

Menurut Sumarsono, evakuasi sedang diupayakan berlangsung secepat mungkin. Ada kekhawatiran penumpang yang terjebak akan mengalami masalah kesehatan jika tidak cepat dibawa ke darat, mengingat cuaca perairan Selayar sedang kurang baik.

 

“Kalau sampai pagi ditakutkan mereka (penumpang yang terjebak) bisa kedinginan,” sebut Sumarsono.

 

Meski demikian, Sumarsono mendapat laporan bahwa proses evakuasi penumpang yang masih terjebak di KM Lestari Baru tidak mudah. Ombak di perairan selatan Sulawesi sedang tinggi.

 

“Tadi ada perahu kecil yang coba merapat malah tenggelam, jadi tidak mudah,” ujarnya.

 

KM Lestari Maju karam pada 14.30 WITA. Kapal itu sengaja dikaramkan oleh nakhoda saat diketahui ada kebocoran pada bagian kapal, agar kapal tidak tenggelam.

 

Sebelumnya, kapal feri itu sempat mengalami masalah mesin pada 13.40 WITA yang mengakibatkan air mulai masuk di dek bawah.

 

Kapal itu memiliki kapasitas angkut 250 penumpang dan 40 mobil. Data manifes kapal feri itu tercatat 120 penumpang turun di Pelabuhan Bira dan 139 orang penumpang naik kapal menuju Pelabuhan Pamatata, Kabupaten Kepulauan Selayar. Akibat insiden ini, diketahui ada 26 orang meninggal dunia. (Red)

Facebook Comments

Subscribe

Terima kasih telah membaca artikel kami. Untuk informasi update silakan berlangganan newslatter kami di bawah ini

No Responses

Comments are closed.