Kapolri Kukuhkan Polda Banten Jadi Tipe A

Kapolri Kukuhkan Polda Banten Jadi Tipe A
Kapolri Kukuhkan Polda Banten Jadi Tipe A
Kabar5.Com, Serang | Polda Banten resmi menjadi Tipe A, dengan diserahkannya pataka Polda Banten oleh Kapolri, Jenderal Tito Karnavian, ke Kapolda Banten, Brigjen Tomsi Tohir, di Mapolda Banten.

Banten memiliki catatan panjang untuk memiliki sebuah Polda. Sekitar tahun 2000’an, saat itu Banten baru saja berdiri dan baru ada Kepolisian Wilayah (Polwil) Banten, dengan pusat komandonya ada di Polda Jawa Barat (Jabar).
Kemudian sekitar tahun 2005, berdirilah Polda Banten dengan Tipe C. Kapolda dan Wakapoldanya berpangkat Komisaris Besar (Kombes).
 
Saya sendiri waktu itu menjadi Kapolres di Serang. Unik juga waktu itu ditahun 2005, Kapolda nya Kombes, Wakapolda nya Kombes, saya sendiri Kombes. Kemudian naik menjadi tipe B, bintang satu,” terangnya.
Meski telah menjadi Tipe A, Polda Banten baru memiliki enam Kepolisian Resort (Polres), yakni Polres Cilegon, Polres Serang Kota, Polres Serang, Polres Pandeglang, Polres Lebak, dan Polresta Tangerang di wilayah Kabupaten Tangerang.
 
Dua polres lagi yang belum bergabung dibawah Polda Banten dan masih dibawah Polda Metro Jaya (PMJ), yakni Polres Tangsel dan Polres Metro Tangerang di Kota Tangerang.
 
Duanya lagi, menunggu Kapolda nya bintang dua,” jelasnya.
(Tama)
Facebook Comments

Subscribe

Terima kasih telah membaca artikel kami. Untuk informasi update silakan berlangganan newslatter kami di bawah ini

No Responses

Comments are closed.