KARS Kembali Lakukan Suvey RSUD Kota Kendari

KARS Kembali Lakukan Suvey RSUD Kota Kendari
Posted by:

Kabar5.Com, Kendari | Tim Surveyor Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS) RI kembali melaksanakan program khusus, survey akreditasi KARS Versi 2012 terhadap Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Kendari, Selasa, 16 Mei 2017.

Ketua Tim KARS Kota Kendari, Hery Irawan mengungkapkan, ini adalah survey final sebagai proses untuk keputusan pencapaian predikat akreditasi bintang satu.

Dijelaskannya, terdapat empat penilaian khusus terhadap sebuah RS untuk pencapaian predikat akreditasi, diantarannya pokja sasaran keselamatan pasien, pencegahan dan penanganan inveksi, kualifikasi pendidikan pasien serta Pojka hak pasien dan keluarga.

Sementara itu, Ketua Tim Surveyor KARS RI terdiri dari dr Andi Nurfiah Patiloi selaku surveyor manajemen, dan Nurhayati sebagai surveyor keperawatan juga spesialis keperawatan anak, yang akan dilangsungkan selama dua hari.

Dikatakan Hery, persiapan surveyor akreditasi pihaknya sudah menyiapkan bimbingan teknis sejak bulan November 2016 lalu, dan pada Desember sudah dilakukan survey simulasi.

Hasil dari apa yang sudah dilakukan oleh tim KARS tersebut, akan disampaikan pada pekan depan,” terang Hery Irawan di Aula RSUD Kota Kendari.

Sementara itu, Direktur RSUD Kota Kendari, dr Hj Asrida Mukaddim mengungkapkan, akreditasi merupakan kewajiban yang harus dilaksanakan oleh setiap RS, begitupun RSUD Kota Kendari.

Dengan adanya berbagai persiapaan, serta sudah dilakukan simulasi survey pihaknya optimis lulus akreditasi bintang satu.

“Insya Allah, kami optimis RSUD Kota Kendari akan mencapai predikat akreditasi bintang satu,” ujar Asridah.

Menurut dia, pelayanan yang baik bukan hanya pada saat proses akreditasi, akan tetapi dilakukan setiap hari. Pihaknya akan terus meningkatkan kompetensi sumber daya manusia, pelayanan, sarana dan prasarana, evaluasi rutin serta menindaklanjuti setiap masukan yang disampaikan oleh tim Akreditasi.

“Pelayanan kepada masyarakat harus terus ditingkatkan, serta standar pelayanan harus tetap dijaga kualitasnya,” tegas Asrida.

Untuk itu, pihaknya harus bisa menstandarisasi setiap pelayanan yang diberikan kepada masyarakat.

“Inilah yang memang harus terus ditingkatkan sebagai pihak yang memberikan pelayanan, melakukan kontrol setiap hari untuk peningkatan mutu pelayanan setiap hari,” tuturnya.

Setelah proses akreditasi selesai dan RSUD Kota Kendari lulus akreditasi bintang satu, maka pihaknya akan kerja keras untuk menaikan tipe RUSD Kendari tersebut ke tipe B. (Ikas)

 

Facebook Comments

Tags: ,

Subscribe

Terima kasih telah membaca artikel kami. Untuk informasi update silakan berlangganan newslatter kami di bawah ini

No Responses

Comments are closed.