Keraton Kaibon Culture Festival Melestarikan Budaya Leluhur

Keraton Kaibon Culture Festival Melestarikan Budaya Leluhur

 

Kabar5.com, Serang | Keraton Kaibon Culture Festival resmi digelar, menampilkan kebudayaan tradisional Banten, sebut saja rampak bedug, tari tradisional, silat, debus, hingga gerabah khas Banten. 

 

Digelar oleh alumni SMAN 1 Serang, direruntuhan Keraton Kaibon, yang memiliki makna keibuan.

 

“Insha Allah dalam tahun ini, pemeirntah Banten akan merevitalisasi Banten Lama. Jadi jangan sampai Banten Lama, tidak seperti sekarang, mudahan kedepan bisa lebih baik lagi,” kata Gunawan Roesminto, Ketua Panitia Festival Budaya Kaibion, dilokasi acara, 30 Juni 2018.

 

Selain menampilkan kebudayaan dan seni asli Banten, Keraton Kaibon Culture Festival pun menjadi ajang silaturahmi alumni SMAN 1 Serang angkatan 1993.

 

“bisa juga menukar pikiran sampai menukar rejeki. Kalau ada temen kita yang kesusahan, bisa saling bantu,” terangnya.

 

Acara seperti Keraton Kaibon Culture Festival diharapkan bisa terus dilanjutkan, sebagai salah satu cara untuk menarik wisatawan, terutama mancanegara untuk datang ke Banten.

 

“Ini salah satu bentuk memperkenalkan budaya di Banten. Mudah-mudahan cagar budaya yang ada di Banten, bisa lebih kita manfaatkan,” kata Juliadi, pegawai dari Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Banten, ditempat yang sama.

 

Jika ada pihak yang ingin menggelar event di situs Kesultanan Banten, harus mengikuti prosedur yang ada. Agara tak merusak cagar budaya.

 

“Proses ijin sangat ketat, karena cagar budaya rentan rusak. Suatu cagar budaya jika di diamkan, nilainya tidak seberapa. Jika ada kegiatan, dengan rambu-rambu yang ada, maka ada nilai tambahnya,” jelasnya. (Yandhi)

 

Facebook Comments

Subscribe

Terima kasih telah membaca artikel kami. Untuk informasi update silakan berlangganan newslatter kami di bawah ini

No Responses

Comments are closed.