Kesbangpol Kaltim Ungkap Ciri Khusus Terorisme

Kesbangpol Kaltim Ungkap Ciri Khusus Terorisme
Literasi Media Sebagai Upaya Cegah dan Tangkal Radikalisme dan Terorisme di Masyarakat.
Posted by:

Kabar5.Com, Samarinda | Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kalimantan Timur (Kaltim) mengungkapkan ciri-ciri khusus individu atau kelompok berfaham radikalisme-terorisme yang berpotensi mengarah pada tindakan radikal dan aksi teror.

Menurut Kepala Badan Kesbangpol Kaltim, Yuda Pranoto, faham tersebut dapat dikenali dengan mudah oleh masyarakat.

“Ciri-ciri teroris berniat mendirikan khilafah, pengujaran kebencian etnis, aliran agama dan gemar mengkafirkan orang lain, anti Pancasila dan persatuan bangsa,” katanya saat memberikan sambutan dalam kegitan bertajuk Literasi Media Sebagai Upaya Cegah dan Tangkal Radikalisme dan Terorisme di Masyarakat yang diselenggarakan oleh Badan Penanggulangan Terorisme (BNPT) dan Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Kaltim di Samarinda, Kamis, 20 Juli 2017.

Selain ciri tersebut, dalam aksi teror yang telah direncanakan, kata Yuda, seorang teroris akan sangat bersedih jika ia gagal atau tertangkap oleh aparat anti teror.

“Pelaku teroris menangis kalau tertangkap hidup-hidup. Karena ia gagal dalam ambisinya memperoleh surga,” jelas mantan Komandan Korem Tarakan itu.

Kaltim sampai saat ini menurutnya menjadi tempat favorit para teroris sebagai jalur strategis.

“Mereka kalau mau pergi lintas pulau menjadikan Kaltim sebagai rute atau tempat transit,” ujarnya.

Dengan begitu ia berharap kepada praktisi media agar terlibat dalam upaya deradikalisme dan terorisme.

“Diharapkan kerja media pada pemberitaan agar radikalisme dan teorisme tidak berkembang,” katanya menambahkan.

Kegiatan Literasi Media Sebagai Upaya Cegah dan Tangkal Radikalisme dan Terorisme di Masyarakat tersebut menurut Ketua Panitia Sofyan Maskur bertujuan untuk meningkatkan keterlibatan media dan masyarakat dalam upaya deradikalisasi.

“Mendorong media lebih efektif, mendorong kearifan lokal dan mendorong masyarakat agar lebih memahami dunia internet,” terang Maskur.

Dalam acara tersebut panitia menghadirkan sejumlah narasumber dari Polda Kaltim, AKBP Dino Hendro Widodo kemudian dari Dewan Pers, Jimy. (Hery)

Facebook Comments

Tags: , , ,

Subscribe

Terima kasih telah membaca artikel kami. Untuk informasi update silakan berlangganan newslatter kami di bawah ini

No Responses

Comments are closed.