Ketua Gemuruh Papua: Manfaat BPJS Sangat Menolong Buruh

Ketua Gemuruh Papua: Manfaat BPJS Sangat Menolong Buruh

Kabar5.Com, Jayapura | Badan Penyelenggara Jaminan Sosial yang selanjutnya disingkat BPJS adalah badan hukum yang dibentuk untuk menyelenggarakan program jaminan sosial.

Jaminan Sosial adalah salah satu bentuk perlindungan sosial untuk menjamin seluruh rakyat agar dapat memenuhi kebutuhan dasar hidupnya yang layak.

Dana Jaminan Sosial adalah dana amanat milik seluruh peserta yang merupakan himpunan iuran beserta hasil pengembangannya yang dikelola oleh BPJS untuk pembayaran manfaat kepada peserta dan pembiayaan operasional penyelenggaraan program Jaminan Sosial.

Hal itu dikatakan, Ketua Gerakan Massa Buruh (Gemuruh) Nasdem Provinsi Papua, Jefta Williams Sibi, Rabu 7 Februari 2018 di Jayapura.

Selain itu, Williams kepada Kabar5.Com menyebutkan aspek atas manfaat jaminan sosial berupa BPJS tidak hanya menolong buruh tapi juga keluarganya. Karena BPJS bertujuan untuk mewujudkan terselenggaranya pemberian jaminan guna terpenuhinya kebutuhan dasar hidup yang layak bagi setiap buruh dan anggota keluarganya.

“BPJS menyelenggarakan sistem jaminan sosial nasional berdasarkan asas kemanusiaan, manfaat, dan keadilan sosial bagi buruh”, jelas Ketua Gemuruh Nasdem Papua.

Disingung soal lembaga mana yang berkewenangan melaksanakan hak BPJS buruh itu, Ia menyebutkan dalam undang-undang Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2011 tentang badan penyelenggara jaminan sosial secara jelas menyebutkan lembaga BPJS Kesehatan dan lembaga BPJS Ketenagakerjaan sebagai pelaksana jaminan sosial nasional bagi buruh. ujar mantan karyawan PT.Pelindo IV Jayapura itu.

“BPJS Kesehatan terkait program jaminan kesehatan kepada buruh, dan BPJS Ketenagakerjaan terkait program jaminan kecelakaan kerja, jaminan hari tua, jaminan pensiun, dan, jaminan kematian kepada buruh”,pungkasnya. (Richard Mayor)

Facebook Comments

Subscribe

Terima kasih telah membaca artikel kami. Untuk informasi update silakan berlangganan newslatter kami di bawah ini

No Responses

Comments are closed.