Kisah Kasatlantas Berkantor Di Poslantas

Kisah Kasatlantas Berkantor Di Poslantas
Posted by:

Kabar5.com, Serang | Idealnya, petugas kepolisian, memiliki fasilitas yang memadai dalam menjalankan tugasnya. Termasuk kantor untuk menyelesaikan pekerjaannya.

Satlantas Polres Serang Kota, sudah hampir dua tahun, berkantor di Los Lantas Alun-alun Barat Kota Serang.

Ruangan yang sempit, dengan fasilitas minim, tak membuat nya lalai dalam menjalankan tugas penegakan lalu lintas di wilayah hukumnya. Termasuk penerbitan surat kendaraan.

“Adapun mengingat kondisi satuan, untuk berkantornya Satlantas sementara dipusatkan di pos lantas,” kata AKP Ali Rachman, Kasatlantas Polres Serang Kota, saat ditemui di ruangannya yang hanya berisikan satu unit meja dan tiga kursi itu, Selasa 13 Maret 2018.

Ali menceritakan kalau, kondisi ini tak menyurutkan 59 personilnya, idealnya berjumlah 75 personil,, untuk mengamankanatan di Kota Serang dan tujuh kecamatan di Kabupaten Serang, Banten.

Dirinya menyiasati, dengan berkoordinasi dengan Polres Serang, untuk kejadian kecelakaan lalu lintas dan pembuatan SIM.

“Ibarat manusia yang berusia satu tahun, berjalan saja belum bisa, tapi kita dituntut untuk berlari. Tapi kita tetap menjadi profesional dan modern,” terangnya.

Di Pos Lantas Alun-alun Barat Kota Serang yang hanya berukuran sekitar empat kali enam meter itu, kesatuannya baru memiliki motor sebanyak tujuh unit, mobil sedan patroli tiga buah dan mobil doible cabin batu tiga unit, untuk menjaga 13 kecamatan di wilayah hukumnya.

“Kita terus membenahi saran dan prasarana, terutama mobil patrolinya, terus kelengkapan pengaturan, kita terbantu dari Dishub kota (Serang) dan provinsi (Banten). Dari Polda (Banten) juga kita terbantu,” terangnya.

Pasukan Ali Rahman pun disebar ke sejumlah tempat, karena ruangan di Pos Lantas Alun-alun Barat Kota Serang tak memadai. Seperti ruangan Kanit Patroli pun berkantor di Pos Lantas Serang Timur. Ruangan Regident di kantor Samsat Serang Kota. Sedangkan kesatuan Laka Lantas, masih bergabung di kantor Polres Serang Kabupaten.

Untuk pengaturan lalu lintas dengan jumlah personil yang tak memadai pun di siasati olehnya. Semua personil harus masuk di hari kerja, pembagian waktu kerja hanya berlangsung di hari Sabtu-Minggu.

Setiap persimpangan di dalam Kota Serang, hanya dijaga antara satu sampai dua personil. Sedangkan di Kabupaten Serang, yang masuk ke dalam wilayah hukum Polres Serang, maka dijaga oleh anggota Polsek dan dibantu dari Polda Banten.

“Kalau enggak ada unit Lantas nya, yah unit Sabhara nya. Untuk Serang Timur, kita sudah dibantu Dirlantas Polda Banten. Semoga masyarakat bisa mengerti, dengan kondisi kita seperti ini,” ujarnya. (Tama)

Facebook Comments

Subscribe

Terima kasih telah membaca artikel kami. Untuk informasi update silakan berlangganan newslatter kami di bawah ini

No Responses

Comments are closed.