Kompol Nurahman : Mahasiswa Harus Punya Peran Cegah Radikalisme

Kompol Nurahman : Mahasiswa Harus Punya Peran Cegah Radikalisme

Kabar5.Com, Serang | Rentan masuknya paham radikalisme di kampus, mahasiwa harus punya peran untuk mencegahnya, 20 September 2018.

Kasubdit 1 Keamanan Negara Ditreskrimum Polda Banten, Kompol Nurahman mengatakan, sejak awal masuknya mahasiswa ke dalam lingkungan perguruan tinggi perlu dilakukan sosialisasi tentang pemahaman radikal.

 

“Kemudian nantinya perlu diberi pemahaman juga tentang bagaimana cara mencegah dan mengatasi agar mereka tidak masuk ke ranah tesebut,” katanya saat diwawancari di Kota Serang, Kamis.

 

Nurahman mengataka, mahasiswa harus diupayakan untuk mensosialisasikan pencegahan pemahaman radikal dimasyarakat sehinggga menciptakan kondisi kampus dan masyarakat yang aman dan kondusif.

 

Kemungkinan adanya mahasiswa baru yang terkena paham radikal ditepis oleh Nurahman, dirinya menganggap bahwa untuk mahasiswa yang baru masuk ke lingkungan kampus kemungkinannya tidak ada.

 

“Maka dari pada itu pencegahan perlu dilakukan,” tegasnya.

 

Sementara itu, menurutnya untuk di Provinsi Banten  keberadaan  kelompok militan diakui dirinya benar adanya dan beberapa kelompok sedang dalam pengawasan.

 

“Memang kita masih monitor yang lainnya dengan dibantu tim densus,” ungkapnya

 

Dirinya juga menuturkah bahwa kelompok-kelompok radikal yan ada itu merupakan hasl belajar dari luar daerah Banten yang kemudian mereka akan mengajari paham tersebut di daerahnya.

 

“itu diakui oleh beberapa pelaku yang sempat kita amankan saat menjelang torch relay Asian Games 2018 di Provinsi Banten,” pungkasnya.

(Yoman)

Facebook Comments

Subscribe

Terima kasih telah membaca artikel kami. Untuk informasi update silakan berlangganan newslatter kami di bawah ini

No Responses

Comments are closed.