Lahan 30 Hektar di Samarinda Akan Dijadikan Kawasan Industri

Lahan 30 Hektar di Samarinda Akan Dijadikan Kawasan Industri

Kabar5.Com, Samarinda | Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda, Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), berencana membangun kawasan industri di Kecamatan Palaran.

Pada kawasan tersebut akan dibangun pergudangan dan sentral industri. Sehingga rencana itu dapat melengkapi kebutuhan Samarinda yang saat ini berusaha menjadi kota jasa dan industri.

“Masih dalam perencanaan, untuk kawasan industri disediakan lahan 30 hektar di Palaran,” ungkap Kepala Dinas Perindustrian Kota Samarinda, Sulaiman Sade kepada Kabar5.Com, Kamis, 23 Maret 2017.

Setelah perencanan dianggap selesai, dengan ketersediaan lahan tersebut, Sulaiman mengaku berupaya mendapatkan dukungan anggaran.

“Setelah itu kita upayakan dapat dukungan dari APBD dan APBN,” lanjutnya.

Selain kawasan industri, Dinas Perindustrian juga akan membantu memaksimalkan produksi industri rumah tangga yang ada di Samarinda.

“Di sini kan banyak industri amplang (sejenis kerupuk ikan), juga industri tahu tempe, seperti UKM,” imbuhnya.

Melalui Perda RTRW tahun 2014, Palaran ditetapkan sebagai kawasan industri dengan mempertimbangkan banyaknya lahan terbuka dan dekat dengan infrastruktur penghubung antar daerah.

Sementara itu, tujuh kecamatan lainnya masih akan dibahas pada tahun ini untuk merevisi Peraturan Daerah (Perda) Nomor 2 Tahun 2014 tentang Rancangan Tata Ruang Wilayah (RTRW) Samarinda 2013–2034. (Hery)

Facebook Comments

Subscribe

Terima kasih telah membaca artikel kami. Untuk informasi update silakan berlangganan newslatter kami di bawah ini

No Responses

Tinggalkan Balasan