Lebaran Makin Dekat, Harga Beras Naik

Lebaran Makin Dekat, Harga Beras Naik

Kabar5.Com, Jakarta | Dari hasil pantauan kami di Pasar Induk Kramatdjati, Jakarta Timur, harga beras IR64 atau medium mencapai Rp11.500 per kilogram. Jauh di atas HET sebesar Rp9.450 per kg. Berarti ada selisih Rp2.050. 


Mendekati Hari Raya Idul Fitri, harga beras di Pasar Induk Kramat Jati naik, bahkan melewati Harga Eceran Tertinggi (HET) yang ditetapkan Kementerian Perdagangan.

 

Menurut salah seorang pedagang, Saiful, harga beras memang sudah naik sejak sebulan terkahir. Awalnya hanya naik Rp500 hingga kini sudah di atas Rp2.000 per kg. “Naik sudah lama, harga memang segitu, kita jual segitu, dari sananya (pengepul),” kata Saiful, Sabtu 2 Juni 2018.

 

Saiful Menambahkan, kirannya harga beras akan terus bergerak naik, seiring menipisnya stok gabah di tingkat petani dan juga tingginya kebutuhan saat Ramadhan dan menjelang Idul Fitri.

 

Dirinya mengungkapkan saat ini jenis beras premium melonjak dari Rp135 ribu menjadi Rp145 ribu per karung, sedangkan untuk jenis beras yang lebih bagus lagi, harganya rata-rata antara Rp150 hingga 155 ribu per karung.

Lonjakan harga beras terus terjadi, mengingat berakhirnya masa panen dan mulai masuknya musim tanam di sejumlah daerah pemasok beras.

 

Sebelumnya, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita menyatakan bahwa pihaknya dalam waktu dekat akan menurunkan HET beras kualitas medium yang sebelumnya ditetapkan sebesar Rp9.450 per kilogram.

 

Enggartiasto mengatakan, rencana tersebut akan dilaksanakan minggu depan. Menurutnya, suplai beras saat ini sudah siap dan HET beras akan diturunkan menjadi Rp8.900 per kilogram, dalam upaya pemerintah agar harga beras dapat lebih terjangkau bagi masyarakat.


(red)

Facebook Comments

Subscribe

Terima kasih telah membaca artikel kami. Untuk informasi update silakan berlangganan newslatter kami di bawah ini

No Responses

Comments are closed.