Ledakan Gas Guncang 3 Kota di AS

Ledakan Gas Guncang 3 Kota di AS

Kabar5.Com, Amerika Serikat | Rentetan ledakan gas yang memicu kebakaran mengguncang tiga kota di sebelah utara Boston, Massachusetts, Amerika Serikat (AS). Seorang remaja tewas dalam insiden ini dan 25 orang lainnya mengalami luka-luka, 15 September 2018.

Kepolisian Negara Bagian Massachusetts menyatakan pihaknya mendapat 70 laporan kebakaran, ledakan dan bau gas mulai Kamis sore, 13 September 2018 waktu setempat. Laporan itu memicu evakuasi di tiga kota sekaligus, yakni Lawrence, Andover dan North Andover.

 

“Insiden-insiden ini membuat trauma,” sebut Gubernur Massachusetts, Charlie Baker, dalam pernyataannya.

 

Dalam pernyataannya, Baker mengonfirmasi bahwa seorang remaja tewas saat berada di dalam mobil yang tertimpa puing cerobong asap yang ambruk akibat ledakan.

 

Tayangan televisi setempat menunjukkan dua rumah hancur dan beberapa rumah lainnya terbakar. Insiden ini masih terus diselidiki otoritas setempat, dengan perusahaan lokal Columbia Gas menjadi fokus penyelidikan.

 

Wali Kota North Andover, Andre Maylor, menyebut insiden yang ‘belum pernah terjadi sebelumnya’ ini diduga disebabkan oleh ‘tekanan berlebihan pada saluran gas’ yang terpasang di tiga kota tersebut.

 

Pihak Columbia Gas menyebut ada 6.800 rumah yang terdampak insiden ini. “Kami fokus pada memberikan dukungan sebanyak mungkin pada pelanggan kami, warga dan masyarakat,” demikian pernyataan mereka.

 

Dampak dari insiden ini, sekolah-sekolah, pengadilan dan sebagian besar layanan publik diliburkan sejak Jumat, 14 September 2018 waktu setempat.

 

“Fokusnya masih pada menjamin keselamatan publik,” tegas Gubernur Baker. “Begitu semuanya selesai, kami akan bekerja bersama pemerintah federal dan pihak-pihak lainnya untuk menyelidiki bagaimana ini terjadi dan meminta pertanggungjawaban pihak-pihak terkait,” tandasnya.

 

Pada Jumat, 14 September 2018 waktu setempat, Baker menetapkan situasi darurat untuk tiga kota yang diguncang ledakan gas itu. (Red)

Facebook Comments

Subscribe

Terima kasih telah membaca artikel kami. Untuk informasi update silakan berlangganan newslatter kami di bawah ini

No Responses

Comments are closed.