Lima Orang ABK termasuk nakhoda Kapal Layar Motor (KLM) Selamat

Lima Orang ABK termasuk nakhoda Kapal Layar Motor (KLM) Selamat
Posted by:

Kabar5.com, Kalimantan | Lima orang ABK termasuk nakhoda Kapal Layar Motor (KLM) Sati Natun Jaya yang dilaporkan tenggelam di perairan Selat Makassar, berhasil ditemukan dalam keadaan selamat oleh tim SAR gabungan. Kapal itu merupakan pengangkut ikan asal Kalimantan Selatan.

Kelima orang tersebut atas nama Mulyadi (55) sebagai nakhoda, Syamsul Bahri (35), Opang (28), Udin (33), dan Tola (32) sebagai ABK. Mereka ditemukan selamat oleh KLM Tanete Dua yang juga diikutkan melakukan pencarian pada pukul 16.15 WITa, Sabtu 5 Mei 2018.

“Semua dalam keadaan selamat,” kata Kepala Basarnas Makassar, Amiruddin.

Kelima orang ini ditemukan dalam posisi mengambang di moncong kapalnya yang tidak sepenuhnya karam di sekitar 15 nautical mile dari titik awal dugaan kapal itu tenggelam. Saat ini, mereka telah dievakuasi menuju Kota Baru, Kalimantan Barat.

“Semua korban ini masih berada di laut di atas kapal Tanete menuju Kota Baru, Kalimantan Barat. Karena pihak keluarganya kebanyakan dari sana. Makanya dibawa ke sana,” terangnya.

Ia menjelaskan, proses pencarian kapal ini melibatkan tiga kapal nelayan dan satu kapal milik Basarnas yakni KM 234 Antasena. Proses pencariannya dilakukan dalam empat sektor pencarian. Namun, yang berhasil menemukan itu pencarian di sektor kedua.

“Tadi itu kita bagi dalam empat sektor pencarian. Karena ada empat kapal yang terlibat. Nah yang berhasil menemukan ini di sektor dua,” paparnya.

Sebelumnya, sebuah kapal bermuatan ikan route yang berlayar dari pelabuhan Batu Licin, Kalimantan Selatan menuju pelabuhan Pare-pare, Sulawesi Selatan tenggelam di selat Makassar, tepatnya 90 Nautical Mile dari Parepare pada pukul 17.00 wita, Jumat 04 Mei 2018. (Red)

Facebook Comments

Subscribe

Terima kasih telah membaca artikel kami. Untuk informasi update silakan berlangganan newslatter kami di bawah ini

No Responses

Comments are closed.