Manfaat Kopi Hijau

Manfaat Kopi Hijau

Kabar5.Com, Info & Tips | Kopi merupakan salah satu minuman yang paling digemari di Indonesia. Di Indonesia sendiri kopi sangat bermacam-macam, tergantung dari daerah masing-masing. Mulai dari kopi Aceh, Kopi Toraja, Kopi Flores, Kopi Ternate, dan masih banyak lagi jenis kopi yang berasal dari hampir seluruh daerah di Indonesia.


Kopi sendiri terkenal dengan kandungan kafeinnya. Ya, kafein memang sangat bermanfaat untuk tubuh, namun perlu diingat, takaran kafein yang masuk ke dalam tubuh hendaknya tetap di jaga agar tidak terlalu banyak. Jika takaran kafein yang masuk dalam tubuh sesuai, maka hal itu akan dapat menambah energi dan juga stamina. Stamina yang dihasilkan oleh kafein itulah yang membuat Anda tetap terjaga. Sehingga banyak sekali orang yang percaya bahwa kopi dapat menghilangkan kantuk.

Kopi hijau adalah biji kopi dari buah coffee yang belum dipanggang. Karena proses pemanggangan biji kopi dapat mengurangi jumlah asam klorogenat, biji kopi hijau memiliki tingkat asam klorogenat yang lebih tinggi dibandingkan dengan kopi biasa (biji kopi panggang). Diduga, asam klorogenat ini memiliki banyak manfaat terhadap kesehatan. Mulai dari obat obesitas, diabetes, hipertensi, Alzheimer, bahkan sampai infeksi bakteri.


Berikut ini adalah manfaat kopi hijau


Menurunkan berat badan

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan pada bulan Maret 2006 di BMC Complementary and Alternative Medicine, suplemen harian ekstrak biji kopi hijau dapat mengurangi lemak tubuh dan berat badan, serta komposisi lemak di hati pada tikus. Pada penelitian tersebut terlihat kafein dan asam klorogenat sebagai senyawa utama untuk menurunkan berat badan. Asam klorogenat yang terdapat pada biji kopi yang belum dipanggang dapat dicerna dan diserap oleh manusia sama seperti yang terdapat pada ekstraknya.


Ilustrasi kopi hijau shutterstock (Sampel yang  Diambil Menurut Media Sumber)

Menurunkan darah tinggi

Selain fungsinya untuk menurunkan berat badan, asam klorogenat pada kopi hijau juga dapat mengurangi tekanan darah. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan pada tahun 2006 di Clinical and Experimental Hypertension menunjukkan bahwa pasien yang mengonsumsi 140 mg ekstrak biji kopi per hari menunjukkan penurunan tekanan darah. Selama ini, belum ada efek samping yang dilaporkan oleh pasien, sehingga minuman ini dapat kita sebut sebagai cara yang aman untuk membantu mengurangi tekanan darah tinggi.

Meningkatkan mood dan kinerja kognitif

Kafein yang ada dalam kopi hijau memiliki efek yang positif pada suasana hati dan juga pada aktivitas otak Anda. Menurut penelitian yang dipublikasikan pada bulan Februari 2008 di Nutrition Bulletin, beberapa studi telah mengonfirmasi bahwa kafein dapat meningkatkan reaksi waktu, kewaspadaan, memori, fokus, ketahanan tubuh, dan berbagai faktor lain dari kinerja kognitif. Peneliti menemukan bahwa asupan optimal kopi hijau adalah antara 38-400 mg per hari atau menjadi sekitar ? cangkir untuk empat cangkir kopi seduh.


(red)

Facebook Comments

Subscribe

Terima kasih telah membaca artikel kami. Untuk informasi update silakan berlangganan newslatter kami di bawah ini

No Responses

Comments are closed.