Menko Maritim: Akan Ada Pelabuhan Eksport Import Di Banten

Menko Maritim: Akan Ada Pelabuhan Eksport Import Di Banten

Kabar5.com, Cilegon | Satu dari enam pelabuhan di Banten, akan dipilih menjadi pelabuhan khusus eksport-import oleh pemerintah pusat. Enam pelabuhan itu di antaranya, Krakatau Bandar Samudera (KBS), Pelindo II, hingga Pelabuhan indah Kyat, di Kota Cilegon, yang akan mengurangu beban di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta.

“Kita memang ingin membuat chost itu minim. Kita sudah punya Priok, kemudian Patimban beroperasinya tahun depan, kwartal kedua,” kata Luhut Binsar Panjaitan, di Pelabuhan Indah Kyat, Kota Cilegon, Banten, Jumat 11 Mei 2018.

Pelabuhan Patimban, dikhususkan menangani bongkar muat barang ekspor-import di wilayah Cikampek hingga Purwakarta.

“Banten, ada entri pelabuhan disini, mana saja yang dipilih, akan mengatur akomodasi industri yang ada disini. Kalay di Jakarta pasti mahal, ini akan efisiensi chost,” terangnya.

Luhut meminta Kebersihan pelabuhan pun harus diperhatikan. Agar, lautan tak menjadi tempat pembuangan sampah akhir, baik oleh pengusaha maupun masyarakat.

“Saya ingin pesan kebersihan. Kebersihan pelabuhan, plastik, harus dilihat. Plastik, kalau jadi mikro plastik, dimakan manusia, yang sedang mengandung, anak nya pasti kuntet, stanting bahasa kerennya,” jelasnya. (Tama)

Facebook Comments

Subscribe

Terima kasih telah membaca artikel kami. Untuk informasi update silakan berlangganan newslatter kami di bawah ini

No Responses

Comments are closed.