Pancasila Berhasil Buat Masyarakat Hidup Rukun

Pancasila Berhasil Buat Masyarakat Hidup Rukun

Kabar5.Com, Jakarta | Wakil Sekjen PKB, Daniel Johan mengatakan Pancasila yang dicetuskan oleh Presiden Soekarno (Bung Karno) sebagai ideologi negara Indonesia berhasil membuat masyarakat hidup rukun berdampingan.


“Pancasila itu sebagai perekat semua komponen bangsa dengan keragamana yang amat banyak Indonesia yang memiliki 17.504 pulau, 1.360 suku, 726 bahasa daerah, beragam agama dan aliran kepercayaan,” kata Daniel di Jakarta, Minggu 3 Juni 2018.

 

Menurut dia, keberagaman adalah keniscayaan tapi dengan pancasila semua menyatu menjadi Bangsa Indonesia yang utuh yang membentang dari Sabang sampai Merauke dan dari Miangas hingga Rote.

 

“Nilai-nilai Pancasila akan terus relevan sebagai pemersatu bangsa,” ujar Wakil Ketua Komisi IV DPR ini.

 

Ia mengatakan sebagai ideologi negara Pancasila menjadi tumpuan setiap kebijakan yang diambil untuk kepentingan bangsa dan negara menuju negara yang adil dan makmur, makmur bagi semua anak bangsa.

Memang, kata dia, kondisi bangsa saat ini belum pada titik tercapainya cita-cita sesuai dengan sila keliama Pancasila yakni keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia yang belum terwujud, terbukti masih banyaknya nelayan dibawah garis kemiskinan.

 

“Keadilan sosial yang dicita-citakan pendiri bangsa ini adalah kemakmuran yg merata. Mereka yang di pelosok desa hingga di kota. Mereka yang di perbatasan hingga di wilayah-wilayah urban dapat menikmatinya itulah sejatinya makna dari keadilan sosial sesuai dengan nilai-nilai Pancasila,” jelas dia.

 

Dengan demikian, Daniel mengatakan PKB akan menjadi garda terdepan dalam membumikan Pancasila melalui perjuangan kader-kader Partai baik yang duduk di eksekutif, legilatif, yudikatif, dan para simpatisan berjuang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila yang tujuan akhirnya adalah tercapainya keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

 

“Pancasila menjadi azas dan ukhuwah jiwa perjuangan PKB sebagaimana tertuang dalam Mabda Siyasi (pondasi Politik) PKB,” tandasnya.


(red)

Facebook Comments

Subscribe

Terima kasih telah membaca artikel kami. Untuk informasi update silakan berlangganan newslatter kami di bawah ini

No Responses

Comments are closed.