Peduli Rohingya, 6 Fraksi DPRD Balikpapan Rela Potong Tunjangan

Peduli Rohingya, 6 Fraksi DPRD Balikpapan Rela Potong Tunjangan

Kabar5.Com, Balikpapan | Ratusan umat Muslim di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, menggelar aksi Peduli Rohingya, Jumat, 8 September 2017.

Aksi yang dimulai usai salat Jumat itu juga diisi dengan penggalangan dana untuk etnis Rohingya yang menjadi korban tragedi kemanusiaan di Myanmar.

Bahkan beberapa anggota DPRD Balikpapan ikut long march sejauh 2 kilometer dari lapangan Balikpapan Permai menuju pertigaan jembatan penyeberangan di Klandasan. Dalam aksi itu juga tercetus komitmen memotong tunjangan gaji sebagai legislator untuk Rohingya.

“Ada 4 fraksi yang setuju dipotong tunjangan gajinya. Di antaranya fraksi PKS, Demokrat, Gerindra dan Hanura. Pemotongan mulai berlaku Senin 11 September besok,” kata Syukri Wahid dari fraksi PKS yang menyebut 2 fraksi yakni Golkar dan PDI Perjuangan juga akan diajak untuk potong gaji.

Selama ini kan gaji kita dipotong untuk proyek Islamic Centre. Nah, karena Islamic Centre sudah rampung, maka kami usulkan pemotongan gaji tetap berlanjut tapi untuk muslim Rohingya. Senin nanti kita rapatkan lagi di lintas fraksi,” lanjutnya.

Dirinya juga berharap dari pemotongan itu bisa terkumpul Rp20 juta per bulan.

“Nominal itu kolektif ya. Pastinya setiap anggota dewan dipotong sebesar 3 persen per bulan,” ungkap Syukri yang juga meminta adanya diskresi untuk penggalangan dana di masyarakat terutama di fasilitas publik dan persimpangan jalan raya.

“Selama ini kan dilarang penggalangan dana di jalanan. Khusus untuk Rohingya, kami meminta pengertian kepala daerah agar mengizinkan kelompok masyarakat mengumpulkan dana bantuan, tentunya berdasarkan Kesbangpol dan Satpol PP,” ucapnya.

Sementara Koordinator Aksi, Muhammad Oky Alfiansyah dalam orasinya mengatakan, aksi ini bentuk dukungan kepada pemerintah Indonesia untuk menekan Myanmar agar segera menghentikan kekerasan terhadap etnis Rohingya.

“Kekerasan dan pembunuhan terhadap umat muslim etnis Rohingya harus segera dihentikan. Lokasi kami memang jauh dari Rohingya, tapi kami punya ikatan iman yang sama dan sesama muslim itu bersaudara,” tegasnya.

Oky yang juga Sekretaris Front Pembela Islam di kota Balikpapa ini juga mengajak peserta aksi agar menyisihkan harta dan tenaga untuk Rohingya.

“Kita dikumpulkan di sini dalam satu keimanan. Apakah kalian siap mengorbankan harta dan jiwa untuk saudara kita di Rohingya,” ajaknya lantang yang langsung dijawab peserta aksi, “Ya, kami siap”.

 

(red)

 

Facebook Comments

Tags: , ,

Subscribe

Terima kasih telah membaca artikel kami. Untuk informasi update silakan berlangganan newslatter kami di bawah ini

No Responses

Comments are closed.