Pemahaman Pancasila di Kampus

Pemahaman Pancasila di Kampus

Kabar5.Com, Serang | Pemahaman Pancasila dilingkungan kampus dapat nencegah tumbuhnya pemikiran Radikal yang melawan hukum.Hal tersebut di katakan Subhan Widiansyah Dosen Pendidikan sosiologi Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) Minggu 03 Juni 2018.


Menurutnya, kehidupan mahasiswa dikampus yang harus sesuai dengan ideologi pancasila, dari keagamaan hingga keadilaan sudah tercantum di pancasila.

 

” Pentingnya mengimplementasikan nilai pancasila dilingkungan kampus
dapat mencegah bertumbuhnya pemikiran radikal yang melawan hukum dan dapat menjadi pedoman dalam keseharian dilingkungan kampus,” Ujarnya.

 

Ia juga mencontohkan,mahasiswa dalam aktivitasnya tetap berpegang teguh pada keyakinan beragamanya seperti amanat pada sila pertama.

 

” Membangun karakter yang beradab dan hidup saling bertoleransi dgn beragamanya agama yg ada dikampus sesuai amanat pada sila ke dua.” tuturnya.

 

Kemudian lanjutnya,menjaga kesatuan dan persatuan dalam berbagai unsur kebudayaan yang ada didalam lingkungan kampus, serta mengedepankan musyawarah mufakat dalam menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang ada.

 

“ Pada sila ke lima, sebagai perwujudan dari tujuan bangsa Indonesia yaitu keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia, ini merupakan harapan yg disematkan kepada kaum pemuda atau mahasiswa sebagai garda terdepan untuk dapat mewujudkan tujuan bangsa tersebut,” Pungkasnya.


(red)

Facebook Comments

Subscribe

Terima kasih telah membaca artikel kami. Untuk informasi update silakan berlangganan newslatter kami di bawah ini

No Responses

Comments are closed.