Pembentukan Jemaat Di Keerom Dihadiri Satgas YONIF 121/MK.

Pembentukan Jemaat Di Keerom Dihadiri Satgas YONIF 121/MK.
Posted by:

Kabar5.com, Papua | Pembentukan Jemaat gereja Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) Kabupaten Keerom Papua dan telah diresmikannya Jemaat yang ada diKabupaten Keerom Papua. 07 Mei 2018.

Acara ini digelar di Arso Swakarsa di atas lahan kosong yang rencananya akan didirikan gedung Gereja HKBP tersebut dilaksanakan pada pagi hari pukul 09.00 Wit, yang dimulai dengan acara ibadah minggu yang dipimpin langsung oleh Pendeta HKBP Resort Papua Pdt. Duat MT. Manullang, S.Th., dan dilanjutkan dengan acara

Penggalangan dana dari para donatur masyarakat batak yang ada di Papua untuk pembangunan gedung Gereja HKBP. Acara tersebut dihadiri langsung oleh Komandan Satgas Yonif 121/MK Letkol Imir Faishal, Wakapolres Keerom Kompol Ridwan S.H., M.H., Asisten 2 Kabupaten Keerom Hulman Sitinjak, Ondoafi Swakarsa Bapak Deus Borotian dan persatuan marga-marga Batak serta para tokoh masyarakat yang ada di Kabupaten Keerom.

Dalam acara tersebut dengan permintaan langsung dari panitia acara Satgas Yonif 121/MK berpartisipasi dengan menyumbangkan pagelaran kesenian berupa musik dan tarian tradisional Batak yaitu Gondang Sigale-gale yang mengiringi setiap segmen yang ada dalam acara tersebut serta menampilkan drama singkat tentang terciptanya tarian Sigale-gale yang memukau para hadirin yang hadir dalam acara peresmian pembentukan Jemaat HKBP tersebut.

Kesenian Batak Gondang Sigale-gale Yonif 121/MK merupakan salah satu kesenian dari beberapa kesenian yang dimiliki dan dilatihkan Yonif 121/MK lainnya seperti Band Macan Kumbang, Tarian Kreasi Sajojo sebagai sarana untuk menyalurkan hobi dan kreatifitas personel Yonif 121/MK selama berada di Home Base (Markas) yang berkedudukan di Kabupaten deli serdang Sumatera Utara.

Sebelumnya Band Macan Kumbang dan Tarian Kreasi Sajojo juga sudah sering tampil dibeberapa daerah di wilayah penugasan Satgas Yonif 121/MK di Papua untuk menghibur masyarakat di daerah terpencil dan pedalaman salah satunya dalam acara HUT ke 15 Kabupaten Keerom di Lapangan Swakarsa beberapa waktu yang lalu.

Gondang Sigale-gale dengan penanggung jawab langsung Dansatgas Yonif 121/MK Letkol Inf Imir Faishal dengan pimpinan Lettu Inf Elias Sinaga serta beranggotakan antara lain Serka Elianto Gultom, Sertu Rejeki Simbolon, Sertu Phamori Sinaga, Sertu Juliman Putra Nainggolan, Serda Obed Manurung, Kopda Hartop Nainggolan dan Pratu JH. Tampubolon.

Disela acara peresmian terbentuknya Jemaat Gereja HKBP tersebut Dansatgas Yonif 121/MK menerima cenderamata berupa Ulos (selendang tenun khas Batak) yang dipakaikan secara langsung kepada Dansatgas sebagai pernyataan terimakasih pihak panitia dimana pemakainan Ulos secara langsung bagi masyarakat Batak merupakan suatu penghormatan tertinggi yang diberikan kepada seseorang yang dihormati.

Dalam sambutannya Dansatgas Yonif 121/MK mengatakan semoga melalui kegiatan hari ini bisa menjadi pendorong untuk kebaikan umat khususnya Jemaat HKBP serta berharap dengan hadirnya jemaat ini dimana Indonesia adalah satu, beragam suku bangsa, beragam budaya dan ada beberapa agama dapat ikut membantu mendorong kerukunan antar umat beragama yang ada di Indonesia.

Diakhir acara pihak panitia yang disampaikan oleh Pdt. Duat MT. Manullang, S. Th., mengatakan terimakasih banyak kepada pihak Satgas Yonif 121/MK yang berkenan berpartisipasi dalam acara tersebut.

“Kami panitia serta warga Batak yang ada di Kabupaten Keerom khususnya sangat berterimakasih kepada pihak Satgas Yonif 121/MK karena ini merupakan suatu sejarah bahwasannya baru pertama kali inilah kesenian Gondang Batak pernah diselenggarakan di Kabupaten Keerom”, ungkap Manullang.

(Yoman)

Facebook Comments

Subscribe

Terima kasih telah membaca artikel kami. Untuk informasi update silakan berlangganan newslatter kami di bawah ini

No Responses

Comments are closed.