Pemda Supiori ‘Cuek’, Mahasiswa Papua Terlantar di Jogja

Pemda Supiori ‘Cuek’, Mahasiswa Papua Terlantar di Jogja

Kabar5.com, Jayapura | Sejumlah mahasiswa Papua asal Kabupaten Supiori yang tengah menuntut ilmu di Kota Kesultanan Yogyakarta. Harus mengubur mimpi mereka untuk melanjutkan study, lantaran sudah empat tahun tidak mendapatkan perhatian dari Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Supiori, Provinsi Papua.

 

“Keberadaan kami mahasiswa Papua asal Kabupaten Supiori di Kota study Yogyakarta. Sampai saat ini, kami tidak mendapat perhatian dari Pemda Supiori, baik dari sisi fasilitas tempat tinggal maupun sarana prasarana penunjang kuliah,” kata Sekretaris Himpunan Mahasiswa Kabupaten Supiori Se-DIY, ¬†Alfredo Manullang, kepada Kabar5.Com melalui Celuler, 12 Juli 2018, Malam.

 

Saat ditanya soal upaya selama ini, Ia menyebutkan segala cara telah dilakukan, namun hasilnya nihil.

 

“Segala upaya kami sudah lakukan tapi sia – sia,” sebut Alfredo.

 

Ia menyebutkan, akibat dari upaya yang nihil itu, kini mahasiswa Papua asal Kabupaten Supiori tidak dapat melanjutkan study. “Dan kesusahan dalam mencari tempat tinggal yang layak,” ujar Alfredo.

 

Sekedar diketahui, dari tahun 2014 tidak ada perhatian dari Pemda Supior terhadap mahasiswa mereka di Jogja.

 

Sebelumnya, mahasiswa tersebut tinggal di sebuah kontrakan, namun masa kontraknya sudah habis. “Saat ini, beberapa teman mereka numpang tinggal di asrama dari Kabupaten lain dan lainnya masih mecari kos,” jelasnya.

 

Namun, lanjutnya, mahasiswa tersebut juga mendapat kesulitan dalam mencari tempat tinggal lantaran keberadaan mereka yang minoritas, dan mendapat stigma negatif dari masyarakat setempat terhadap mahasiswa dari Papua.

 

Untuk itu, lanjut jelasnya, para mahasiswa tersebut juga meminta agar Pemda Supiori turut serta dalam membantu menyelesaikan kendala yang dihadapi mahasiswa Supiori di Kota Jogja, dengan cara sebagai berikut:

 

  1. Memberikan fasilitas/tempat tinggal yang layak bagi mahasiswa supiori.

 

  1. Membantu mahasiswa supiori, guna mengurangi beban biaya kuliah.

 

 

(Richard Mayor)

 

 

Facebook Comments

Subscribe

Terima kasih telah membaca artikel kami. Untuk informasi update silakan berlangganan newslatter kami di bawah ini

No Responses

Comments are closed.