Pemerintah Samarinda Bangun Rumah IKM Guna Tingkatkan Produksi

Pemerintah Samarinda Bangun Rumah IKM Guna Tingkatkan Produksi

Kabar5.Com, Samarinda | Pemda Samarinda melalui Dinas Perindustrian Kota Samarinda membangun rumah Industri Kecil Menengah (IKM) guna meningkatkan produktivitas produsen tahu dan tempe, di Kecamatan Sungai Kunjang kota Samarinda, Kalimantan Timur (Kaltim). 

Kepala Dinas Perindustrian kota Samarinda, Sulaiman Sade mengatakan, pembangunan rumah industri tersebut akan dipergunakan oleh sejumlah produsen tahu dan tempe yang ada di Samarinda.

Karena banyak produsen tahu dan tempe di Samarinda yang belum punya rumah produksi. Jadi tujuannya untuk membantu produsen mengurangi biaya produksi,” katanya saat meninjau pembangunan rumah industri, Kamis, 14 September 2017.

Rumah produksi IKM tahu dan tempe itu dibangun dengan dukungan anggaran dari Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun anggaran 2017 senilai Rp456,9 juta.

Mudah-mudahan rumah industri ini cepat selesai dan dapat segera dimanfaatkan oleh produsen,” kata Sulaiman menambahkan.

Salah seorang produsen tahu dan tempe, Agus Priyanto mengatakan manfaat pembangunan rumah industri tersebut akan sangat membantu rekan-rekannya yang belum memiliki rumah industri.

Tinggal nanti seperti apa pengaturannya, karena tempat ini nanti akan digunakan oleh dua sampai tiga orang produsen,” ungkapnya.

Agus Priyanto yang mengaku telah 12 tahun menggeluti bisnis makanan berbahan baku kedelai tersebut menilai kedepannya pemerintah dapat memperhatikan keberadaan bahan baku tahu dan tempe yang saat ini kualitasnya kurang baik.

Yang lebih bisa diperhatikan bahan bakunya terutama kualitasya. Memang harganya stabil saja tapi kualitasnya kurang,” jelasnya.

Dengan dibantu 12 orang karyawan yang dimiliki, Agus mampu menghasilkan sepuluh karung tahu per hari dengan harga bersaing di pasaran.

Kalau harga bersaing, ini juga yang terkadang belum ada titik temu antara produsen. Kalau saya harga agak mahal sedikit tidak masalah tapi kualitasnya bagus,” tandas Agus.

(Hery)

Facebook Comments

Subscribe

Terima kasih telah membaca artikel kami. Untuk informasi update silakan berlangganan newslatter kami di bawah ini

No Responses

Comments are closed.